Jakarta (ANTARA) - Nita Zahro, seorang single parent berusia 35 tahun, berhasil mendirikan dua salon kecantikan yang sukses di Lombok Tengah, setelah mengikuti kursus di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Berlian.

Awalnya, dia mengikuti kursus kecantikan di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Berlian, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Nita Zahro mengikuti kursus spa melalui program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2019. Kursus tersebut dibekali dengan bekal kewirausahaan.

"Yang tak kalah penting menurut saya, program PKW itu diberikan ilmu tentang kewirausahaan, bagaimana manajemen salon, tentang modal, pemasaran, dan bahkan perbukuan. Itulah hal yang saya butuhkan karena ingin membuka salon," katanya, Jumat.

Tak hanya itu, Nita pun sangat terbantu dengan modal yang diberikan setelah ia menyelesaikan program PKW.

Ia mendapatkan alat-alat salon dan spa, hingga akhirnya ia pun bisa langsung membuka rintisan usaha salon di rumahnya.

Beberapa bulan setelah berhasil membuka rintisan usaha salon di rumah, Nita ingin meningkatkan kemampuannya di bidang kecantikan.

Dia pun mengikuti kursus reguler untuk kursus tata rias rambut, rias pengantin, dan juga kecantikan kulit.

"Siang saya buka salon, lalu malam saya ikut pelatihan lagi di LKP Berlian sehingga saya dapat sertifikat BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)," katanya.

Selama lima tahun terakhir, salon yang awalnya hanya dari rumah, mulai pindah ke toko. Di awal tahun ini, Nita Zahro berhasil mengembangkan salon sampai dengan dua cabang.

Salon yang ia kembangkan pun menawarkan jasa yang lengkap, tidak hanya rias rambut, tetapi juga rias pengantin dan eyelash, serta sulam alis.

Program PKW merupakan program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan.

Program ini melatih peserta didik di LKP dengan berbagai keterampilan sehingga nantinya dapat merintis usaha.

Kisah Nita Zahro ini merupakan salah satu dari ribuan praktik baik dalam penyelenggaraan program PKW.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Riza Mulyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024