Paser (ANTARA) - Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan pengawasan distribusi pupuk bersubsidi di beberapa titik wilayah Kabupaten Paser.

Ketua Koordinator Kegiatan Hernawati Apriyani, di Paser, Jumat, menjelaskan pengawasan ini bertujuan untuk memantau ketersediaan pupuk bersubsidi dari Pupuk Indonesia dan memastikan legalitas Nomor Induk Berusaha (NIB).

Selain itu, kata Hernawati lagi, pihaknya juga melalukan pemeriksaan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) di kios-kios penyalur pupuk.

"Kami juga mengawasi ke mana saja distribusi pupuk tersebut disalurkan. Kami berharap dengan adanya pengawasan ini tidak ada kendala dan permasalahan di lapangan, sehingga kita bisa menjaga kualitas dari pupuk tersebut," ujar Hernawati.

Pengawasan pupuk bersubsidi tersebut, kata Hernawati, dilaksanakan selama dua hari, yakni 27 hingga 28 Juni 2024.

"Ada tiga titik pengawasan yang kami kunjungi, di antaranya Kios UD Ridha Jl Modang No. 60 Tanah Grogot, UD Argo Paser Jl Poros Provinsi Desa Damit RT 07, Paser Belengkong, dan UD Sahabat Tani Jl PTPN Tanah Merah RT. 003 Janju,Tanah Grogot," ujarnya lagi.

Menurut Hernawati, pada kegiatan tersebut pihaknya turut didampingi Bidang Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Paser, perwakilan dari Dinas Pangan TPH Kaltim, Asisten Akun Eksekutif (AAE) Pupuk Indonesia, Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Paser, Diskominfo Kaltim, Polres Paser, dan perwakilan instansi vertikal terkait di wilayah Kabupaten Paser.

Hernawati berharap kunjungan ke kios pupuk tersebut bisa membawa dampak positif, khususnya keluhan para petani untuk mendapatkan pupuk dengan harga yang terjangkau.

"Persoalan yang muncul saat kunjungan terutama kendala aplikasi, karena masalah sistem sering error dikarenakan sinyal. Sehingga masyarakat atau petani mengusulkan menggunakan Kartu Tani daripada aplikasi," katanya pula.
Baca juga: Pupuk Kaltim salurkan 581,20 ton pupuk bersubsidi ke Papua Barat
Baca juga: Produk NPK Pupuk Kaltim tingkatkan produksi kentang Minahasa Selatan

Pewarta: Arumanto
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024