Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyetujui usulan untuk mendorong turnamen tenis meja Ustaz Adi Hidayat (UAH) Super Series masuk ke dalam kalender rutin International Table Tennis Federation (ITTF).
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu, ia membeberkan usulan itu awalnya disampaikan oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, saat memberikan kata sambutan dalam pembukaan UAH International Super Series IV-Piala Kemenpora di GOR Laga Tangkas Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/6).
 
"Kejuaraan UAH ini juga tadi disampaikan NOC Indonesia (KOI) akan coba didaftarkan jadi rangkaian series ITTF. Semoga ke depan series UAH ini semakin bergengsi lagi," kata Dito.
 
Dengan begitu, tambah dia, kebangkitan kembali tenis meja di Indonesia bisa dengan cepat terwujud, karena para pemain memiliki wadah untuk menguji kemampuan, serta menjadi salah satu sarana untuk mendukung proses regenerasi atlet olahraga tersebut.
 
Dito berharap, turnamen tenis meja UAH ke depannya akan semakin banyak diikuti oleh peserta dari berbagai negara, meski pada series keempat ini telah diikuti sebanyak tujuh negara termasuk Indonesia.
 
"Kami sangat apresiasi UAH series ini rutin dilakukan setiap tahunnya dan ini sudah yang keempat kalinya, semoga bisa jadi pemacu dan pemicu atlet Indonesia untuk bisa mengasah kemampuannya," ujar menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju itu.
 
Ustaz Adi Hidayat selaku penggagas kejuaraan menyampaikan terima kasih atas dukungan Menpora Dito dan Ketum KOI Raja Sapta Oktohari yang telah mendorong turnamen tersebut bisa masuk dalam kalender ITTF.
 
"Terima kasih kami sampaikan, ini adalah harapan kami dari kejuaraan sebelumnya yang mengharapkan agar bisa masuk kalender federasi internasional," ujar pendakwah kebanggaan Indonesia itu.
 
UAH International Super Series IV - Piala Kemenpora 2024, diikuti 24 tim dari 7 negara yaitu Indonesia, Korea Selatan, Vietnam, Thailand, Malaysia, India, dan Filipina.
 
Masing-masing tim diperkuat tiga sampai empat orang dan akan turun di dua nomor pertandingan tunggal dan ganda putra.
 
Turnamen itu merupakan yang keempat kalinya diselenggarakan sejak empat tahun terakhir.

Baca juga: Menpora: UAH International Super Series IV jadi wadah kompetisi atlet
Baca juga: Ketum KOI optimistis tenis meja Indonesia kembali bangkit dan berjaya

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024