Jakarta (ANTARA) - Timnas Kolombia melaju ke babak perempat final Copa America 2024 setelah menghajar Kosta Rika 3-0 pada pertandingan kedua Grup D di Stadion State Farm, Arizona, Sabtu pagi WIB.

Pada pertandingan ini kemenangan Kolombia atas Kosta Rika hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh Luis Diaz, Davinson Sanchez dan Jhon Cordoba.

Berkat kemenangan ini, Kolombia masih kokoh bercokol di puncak klasemen sementara Grup D Copa America dengan enam poin dari dua pertandingan, sementara Kosta Rika berada di posisi kedua dengan satu poin.

Secara statistik, Kolombia mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 64 persen penguasaan bola serta melepaskan total 15 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran.

Kolombia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada babak pertama dan mampu menciptakan peluang lewat sundulan Luis Diaz, namun bola masih menyamping dari gawang.

Skuad asuhan Nestor Lorenzo kembali menciptakan peluang, kali ini melalui tendangan Davinson Sanchez yang masih dapat diblok lini pertahanan Kosta Rika.

Kolombia terus menekan lini pertahanan Kosta Rika dan menciptakan peluang lewat tendangan bebas James Rodriguez yang dapat diamankan kiper Kosta Rika Patrick Sequeira.

Baca juga: James Rodriguez bawa Kolombia ungguli Paraguay di Copa America

Kolombia mendapatkan peluang emas untuk mencuri keunggulan terlebih dahulu setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti karena Sequeira melanggar Jhon Cordoba di kotak terlarang.

Luis Diaz yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dengan baik setelah tendangannya tak dapat ditebak oleh Sequeira dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Kolombia pada menit 31.

Setelah unggul satu gol, Kolombia tetap menggempur lini pertahanan Kosta Rika, namun hingga turun minum skor 1-0 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Kolombia tetap tampil menyerang, namun Kosta Rika yang memberikan ancaman terlebih dahulu lewat tendangan Orlando Galo yang tidak menemui sasaran.

Kolombia sukses menggandakan keunggulan pada menit 59 setelah umpan Jhon Arias dapat disambut sundulan Davinson Sanchez sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Hanya berselang tiga menit, Kolombia mampu menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat gol tendangan kaki kanan Jhon Cordoba setelah memaksimalkan umpan James Rodriguez pada menit 62.

Pada sisa waktu pertandingan, Kolombia tetap tampil dominan, sementara Kosta Rika beberapa kali berupaya untuk setidaknya memperkecil ketertinggalannya, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 3-0 tetap bertahan.

Selanjutnya Kolombia akan ditantang Brasil pada pertandingan terakhir Grup D, Rabu (3/7) pukul 08.00 WIB, sedangkan Kosta Rika berjumpa Paraguay, di hari dan jam yang sama.

Kolombia harus setidaknya mengamankan hasil imbang kontra Brasil untuk bisa memastikan diri melaju ke babak perempat final dengan status juara grup.

Baca juga: Scaloni sebut Argentina memang layak raih kemenangan atas Chile

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024