Jakarta (ANTARA) -
Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi memuji Timnas Basket 3x3 putra dan putri di ASEAN University Games (AUG) 2024 karena sukses mengharumkan nama Indonesia dalam kejuaraan di Universitas Airlangga, Surabaya, pada Jumat (28/6).

Timnas Basket 3x3 Putri mencetak sejarah dengan meraih medali emas pada edisi ke-21 AUG setelah mengalahkan Singapura 21-13 dalam final. Ini juga medali emas pertama yang diraih Indonesia dari nomor 3x3.

Tim peraih medali emas ini terdiri dari Aimee Tampu Francienne, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma, Evelyn Fiyo, dan Thasya Heri Saputera.

"Selamat untuk Tim Basket 3x3 Putri atas prestasinya di AUG 2024. Medali emas ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi pecinta basket dan seluruh rakyat Indonesia," kata  Nirmala Dewi dalam keterangan tertulis di Jakarta pada Sabtu.

Prestasi ini melengkapi sejarah basket Indonesia dalam kategori pelajar atau mahasiswa, setelah Tim Basket 5on5 Putra menjadi juara dalam ASEAN Schools Games di Vietnam. 

Tim Basket 3x3 Putra sendiri meraih medali perunggu AUG 2024 yang berlangsung di Surabaya.

Baca juga: Basket putri 3x3 Indonesia cetak sejarah juara pertama kali AUG 2024

Tim beranggotakan Anto Febrianto Boyratan, Bryan Fernando Korisano, Erick Ibrahim Junior, dan Mohammed Ayme Garudi Arip itu mengalahkan Laos 21-11 dalam perebutan peringkat ketiga.

Perjuangan Tim Basket 3x3 Putri dalam meraih emas AUG 2024 tidaklah mudah karena harus menghadapi tekanan Singapura pada awal pertandingan, namun kemudian berbalik unggul.

“Kondisinya mungkin karena kami kekurangan pemain, dan hari ini kami juga bermain dua kali, sehingga di awal agak tertinggal dan memang lawan juga unggul. Kita coba membalikkan keadaan lewat defense dan berhasil,” kata Ayu, yang menjadi bagian dari Timnas Basket Putri peraih emas 5on5 pada SEA Games 2023 di Kamboja dan medali perunggu 3x3 pada SEA Games 2021 di Hanoi.

"Semoga hasil yang kami raih di 3x3 ini bisa menambah motivasi kami lagi untuk turun di 5x5," tutup Ayu.

Medali emas sektor putra direbut  Filipina yang menang 21-18 atas Malaysia dalam final.

Baca juga: Sebanyak 392 atlet mahasiswa Indonesia ikuti AUG 2024 di Jawa Timur

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024