Berlin (ANTARA) - Suporter sejumlah tim yang masuk babak 16 besar Piala Eropa 2024 menantikan dengan antusiastis tim-tim kesayangan mereka tampil dalam babak knockout mulai Sabtu malam ini.

“Saya dan teman-teman siap memberikan dukungan penuh kepada Jerman. Berstatus tuan rumah, saya berharap Toni Kroos dan kawan-kawan bisa mengalahkan Denmark dan terus melaju hingga akhirnya menjuarai Piala Eropa 2024,” kata Jens, penggemar timnas Jerman, kepada ANTARA di Berlin.

Pietro, pendukung Italia, juga tak sabar menanti aksi Gli Azzurri dalam babak 16 besar. 

Dia mengakui tim kesayangannya bermain kurang maksimal pada babak penyisihan grup.

“Meski kami terseok-seok, kami adalah Italia, tim besar dan pantang menyerah. Terbukti edisi terakhir Piala Eropa, di luar dugaan kami berhasil keluar sebagai juara,” kata Pietro.

Meski timnya tidak diunggulkan, Thomas, suporter Swiss, optimistis Granit Xhaka dan kawan-kawan bakal menghadirkan kejutan. 

Baca juga: Jerman vs Denmark: Seharusnya Panser bisa atasi ledakan Dinamit

Menurut dia, status underdog Swiss justru menguntungkan dalam Piala Eropa 2024, “Swiss akan bermain lepas tanpa beban dan mungkin saja menghadirkan kejutan spesial,” kata Thomas.

Babak penyisihan grup Piala Eropa 2024 di Jerman telah berakhir. Sebanyak 24 tim kontestan berlaga pada fase grup yang dikelompokkan ke dalam enam grup berbeda.

Dua tim teratas  masing-masing grup mendapatkan tiket otomatis ke babak 16 besar, ditambah empat tim  berperingkat ketiga terbaik.

Ke-16 tim itu adalah Swiss, Denmark, Inggris, Slovakia, Spanyol, Georgia, Perancis, Belgia, Portugal, Slovenia, Rumania, Belanda, Austria,  Turkiye, tuan rumah Jerman, dan juara bertahan Italia.

Laga perdana babak 16 besar Piala Eropa 2024 akan mempertemukan Swiss dengan Italia, Sabtu malam ini, disusul Jerman melawan Denmark pada Minggu dinihari WIB.

Baca juga: Italia vs Swiss: Berpotensi diakhiri adu penalti

Pewarta: Citra Listya Rini
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024