Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menginginkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jakarta, membuat kejuaraan jetski di kawasan Ancol, Jakarta, guna menjadi wadah untuk menguji atlet olahraga tersebut, sekaligus mencari bibit-bibit potensial untuk masa depan.
 
Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Rudy Sufahriadi mengatakan, sudah saatnya dinas tersebut bisa menyelenggarakan kejuaraan jetski seperti Piala Menpora-Aquabike Indonesia Championship (AIC) Series 2 Jakarta 2024 yang diselenggarakan di Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, Jakarta, pada 29-30 Juni.
 
"Dispora Jakarta ini punya tempat (di Ancol), makanya saya harap kepada kadispora agar berikutnya bisa membuatnya disana karena tempat itu punya negara," kata dia dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Minggu, usai memimpin parade lap pembukaan AIC Series 2 Jakarta 2024.

Baca juga: Kemenpora ingin AIC Series jadi wadah cari bibit atlet jetski andalan
 
Lebih lanjut Rudy mengatakan, Kemenpora telah berkoordinasi dengan Dispora Jakarta untuk membantu mewujudkan kejuaraan jetski, sehingga akan meninjau venue jetski yang ada di Ancol.
 
Ia optimistis, bibit-bibit atlet aquabike atau jetski Indonesia sangat potensial menjadi juara dunia pada masa mendatang.
 
Oleh sebab itu, melalui kejuaraan atau event yang berkelanjutan, maka akan tercipta wadah untuk mengasah kemampuan para atlet dan juga calon atlet Indonesia, sehingga memiliki pengalaman kompetisi yang banyak ke depannya.
 
Sementara itu, terkait AIC Series 2 Jakarta, deputi Kemenpora tersebut juga menyampaikan kepada para atlet agar mengeluarkan usaha terbaik saat bertanding, guna mendapatkan hasil yang maksimal.
 
"Menang kalah adalah hal biasa. Sekali lagi selamat bertanding, semoga para peserta dapat menunjukkan kemampuan dengan baik," ujar dia yang mewakili Menpora Dito Ariotedjo dalam pembukaan kejuaraan itu.
 
Piala Menpora-Aquabike Indonesia Championship Series 2 Jakarta 2024, diselenggarakan dari 29-30 Juni.
 
Kejurnas itu diikuti 26 peserta dan tiga di antaranya berasal dari Malaysia dan Thailand. Peserta termuda berusia 15 tahun dan tertua berusia 53 tahun.
 
AIC Series 2 tersebut melombakan empat kelas, yaitu Endurance Moto 1, Hydro Flight Competition Round 1, Endurance Moto 2, dan Paralel Slalom Heat 1.

Baca juga: IMI siap gelar Aquabike World Championship 2024 di Danau Toba

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024