Jakarta (ANTARA) - Selama sepekan (23 Juni–29 Juni 2024), berbagai peristiwa bidang ekonomi terjadi di Indonesia, mulai dari Menkeu anggarkan Rp71 triliun untuk Makan Bergizi Gratis di RAPBN 2025, hingga Pemerintah resmikan smelter tembaga Freeport di Gresik.

Berikut sajian berita bidang ekonomi yang dirangkum LKBN ANTARA.


Menkeu anggarkan Rp71 triliun untuk Makan Bergizi Gratis di RAPBN 2025

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengalokasikan anggaran untuk program Makan Bergizi Gratis (MBG) sebesar Rp71 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Seperti diketahui, program MBG merupakan salah satu program prioritas presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran.

Selengkapnya baca di sini.


Menteri ESDM pastikan tarif listrik Juli–September tidak naik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan tarif listrik pada triwulan III, yakni Juli–September 2024, tidak mengalami kenaikan.

“Kalau listrik, nggak naik,” ujar Arifin ketika ditemui di Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) di Jakarta, Jumat (28/6).

Selengkapnya baca di sini.


Airlangga: Bank Dunia ubah proyeksi ekonomi RI 2025 jadi 5,1 persen

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan Bank Dunia (World Bank) telah mengubah proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2025 menjadi 5,1 persen dari sebelumnya 4,9 persen.

“Bank Dunia baru saja menaikkan growth forecast Indonesia di tahun 2024 dari yang tadinya 4,9 persen menjadi 5,0 persen dan untuk tahun 2025 dari 4,9 persen menjadi 5,1 persen. Di tengah perekonomian dunia mengalami tekanan inflasi tinggi, inflasi Indonesia juga terus terjaga dalam rentang target sasaran di bawah 3 persen,” kata Airlangga dalam Konferensi Pers Kondisi Fundamental Ekonomi Terkini dan RAPBN 2025 di Jakarta, Senin (24/6).

Selengkapnya baca di sini.


Mendag usulkan HET MinyaKita naik menjadi Rp15.700 per liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya mengusulkan relaksasi harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng rakyat atau MinyaKita naik menjadi Rp15.700 per liter.

Mendag saat ditemui di Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/6), mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang menunggu revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terkait kenaikan HET MinyaKita sebesar Rp1.700 dari harga sebelumnya Rp14.000 per liter.

Selengkapnya baca di sini.


Pemerintah resmikan smelter tembaga Freeport di Gresik

Pemerintah meresmikan smelter tembaga milik PT Freeport Indonesia (PTFI), yakni Smelter Manyar, di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur, Kamis, dengan kapasitas input 1,7 juta ton konsentrat tembaga.

“Puji syukur kita bisa hadir menyaksikan pabrik yang luar biasa, dapat terbangun dalam waktu 30 bulan sejak dilakukan groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo,” ujar Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara “Peresmian Operasi Smelter Gresik”, yang dipantau secara daring dari Jakarta, Kamis (27/6).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024