Jakarta (ANTARA) - Dua pembalap Gresini Racing Federal Oil, Marc Marquez dan Alex Marquez mengincar posisi podium pada balap MotoGP seri ke-8 musim 2024 di Sirkuit Assen, Belanda pada Minggu malam.

Marquez bersaudara mengincar hasil terbaik di Assen karena sama-sama menempati posisi strategis di garis start MotoGP Belanda 2024. Pada sesi kualifikasi, motor Ducati Desmosedici GP23 tunggangan Alex Marquez berada di posisi empat dengan catatan waktu 1:30,979 detik, sedangkan Marc Marquez di posisi tujuh dengan waktu 1:31,378 detik.

Saat Sprint Race, Sabtu (29/6) Marc Marquez mengalami insiden pada kecepatan tinggi, beruntung tak alami cedera. Sedangkan Alex Marquez yang tampil konsisten untuk mengincar posisi lima terkendala kondisi ban belakang sehingga di sisa dua lap posisinya menjauh, bahkan terkena long-lap penalty.

“Saat balapan tersisa dua lap, hasilnya bisa sangat berbeda. Hal yang lucu, kami sedikit kesulitan menjelang akhir dengan masalah ban belakang, namun di sisi lain kami mengumpulkan beberapa informasi berguna tentang ban keras bagian depan yang penting menjelang sesi balapan penuh," ujar Alex Marquez melalui siaran pers Federal Oil pada Minggu.

"Sekarang kami perlu melakukan beberapa penyesuaian dan besok kami akan mampu bertarung untuk lima besar,” ujar Alex.

Di sisi lain, Marc Marquez menyesal karena mengalami insiden di awal. Padahal, sebelumnya ia memastikan bahwa tim mekanik ahli sudah menyiapkan Ducati Desmosedici GP23 agar makin nyaman dikendarai di sirkuit Assen, Belanda.

"Catatan positifnya adalah saya bisa saja melukai diri sendiri dan hal itu tidak terjadi, terutama di tikungan tujuh. Sayang sekali untuk balapan ini karena sensasi motornya luar biasa dan sekarang kami harus mengembalikannya saat sesi warm up,” ujar Marc Marquez.

Di persaingan titel Juara Dunia MotoGP 2024, Marc Marquez berada di posisi tiga klasemen dengan 136 poin. Terpaut 44 poin dari Jorge Martin pemegang posisi puncak klasemen dengan 180 poin. Sedangkan Alex Marquez berada di posisi 10 dengan 53 poin.

MotoGP Belanda pada Minggu dengan sesi warm up pada pukul 14.40 - 14.50 WIB, sedangkan balapan 26 lap pada pukul 19.00 WIB.


Baca juga: Jorge Martin dihukum penalti tiga grid dan akan start di posisi kelima

Baca juga: Bagnaia tercepat usai tampil dominan di sprint race MotoGP Belanda

 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024