Batam (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau menyatakan ada 7.813 siswa SMA sederajat di Batam yang akan mengikuti ujian nasional (UN) tahun ini.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kota Batam, Andi Agung, di Batam Rabu mengatakan, peserta UN tersebut terdiri dari 38 SMA negeri dan swasta dengan jumlah siswa mencapai 3.729 orang.

Siswa 13 Madrasah Aliah (MA) negeri dan swasta berjumlah 381 orang, 37 SMK negeri dan swasta dengan jumlah peserta mencapai 3.701 siswa, dua siswa SMA luar biasa, serta 1.490 peserta ujian paket C.

"Jumlah peserta UN tahun ini naik sekitar 15 persen dari tahun sebelumnya," kata Andi.

Pada 2013, Jumlah peserta UN tingkat SMA sederajat di Batam diikuti 7.146 peserta. Terdiri dari 3.511 peserta tingkat SMA, 348 siswa tingkat MA, 3.284 peserta tingkat SMK, 3 peserta tingkat SMA luar biasa, dan 700 peserta mengikuti ujian paket C.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Batam menargetkan hasil maksimal pada pelaksanaan UN 2014," kata dia.

Nilai kelulusan siswa, kata dia, diambil dari 60 persen hasil ujian sekolah dan 40 persen hasil ujian nasional.

"Kami berharap mereka fokus sehingga semua bisa lulus. Tiap tahun nilai lulusan tertinggi di Provinsi Kepri selalu diperoleh Batam," kata dia.

Ia mengatakan, seluruh siswa akan menjalani uji coba UN resmi yang diselenggarakan Pemerintah Kota Batam pada 17-19 Februari 2014 mendatang.

"Sebenarnya masing-masing sekolah sudah melaksanakan uji coba sendiri. Namun uji coba serentah dari Kota Batam akan dilaksanakan pertengahan bulan ini," kata dia.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengharapkan tidak ada kendala pada pengiriman soal UN ke Batam sehingga pendistribusian ke pesisir bisa lancar.

"Sebagian sekolah Batam berada di pesisir, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengirimkan ke sana. Kalau pengiriman dari Jakarta lancar, mudah-mudahan semua lancar," kata Muslim.

Pewarta: Larno
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2014