Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto menggelar rapat dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi serta Kepala Badan Siber Sandi Negara Hinsa Siburian membahas soal bocornya data nasional akibat peretasan Pusat Data Nasional (PDN) 2.

Berdasarkan informasi yang diterima ANTARA dari pihak Kemenko Polhukam, rapat tersebut digelar pukul 10.00 WIB di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin.

Rapat pun digelar tertutup. Namun, sebelum rapat dimulai, beberapa pejabat sempat terlihat hadir di kantor Kemenko Polhukam, di antaranya Budi Ari Setiadi, Hinsa Siburian dan Dirut PT Telkom Ririek Adriansyah.

Budi Ari sempat diberondong pertanyaan oleh wartawan ketika hadir di Kantor Kemenko Polhukam, namun enggan meladeni pertanyaan tersebut dan memilih masuk ke ruang rapat.

Hingga saat ini, rapat koordinasi yang dipimpin Menko Polhukam masih berlangsung.

Baca juga: BSSN cegah infeksi ransomware putus pusat data lainnya dari PDNS 2

Sebelumnya, pada Senin (24/6), pemerintah melalui BSSN serta Kemenkominfo mengidentifikasi sebanyak 211 instansi yang terdampak insiden serangan siber Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.

Lalu pada Selasa (25/6), teridentifikasi ada sebanyak 282 instansi yang terimbas insiden PDNS 2.

Namun, pada Rabu (26/6), tercatat sudah ada sebanyak 44 instansi yang siap untuk melakukan pemulihan data, sementara sisanya masih dalam proses. Dari semua itu, lima instansi telah melayani kembali masyarakat setelah melakukan migrasi data.

Baca juga: PDN dipastikan perkuat arsitektur keamanan siber imbas insiden PDNS 2

Menkominfo Budi Ari Setiadi serta Kepala BSSN Hinsa Siburian sudah menjelaskan ke Komisi I DPR RI ihwal serangan siber terhadap PDNS 2.

Budi Arie menyebut tidak ada indikasi kebocoran data imbas gangguan serangan siber terhadap PDNS 2 di Surabaya.

"Tadi hasil rapat dengan Komisi I tidak ada indikasi dan belum ada bukti terjadinya kebocoran data," kata Budi Arie singkat dalam wawancara cegat setelah rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (27/6) malam.

Budi Arie mengatakan upaya pemulihan PDNS 2 masih terus dilakukan. Kemenkominfo menargetkan pemulihan penuh terhadap PDNS 2 ditargetkan tuntas pada pertengahan Agustus 2024.

Baca juga: Kemenkeu membelanjakan Rp700 miliar untuk Pusat Data Nasional
Baca juga: Komisi I DPR rapat dengan Kominfo-BSSN soal gangguan PDN pada Kamis

Pewarta: Walda Marison
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024