Ternate (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tobelo Halmahera Utara meresmikan sekaligus mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk melayani pengguna kendaraan listrik.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula dihubungi di Ternate, Maluku Utara, Senin, mengatakan peresmian SPKLU ini merupakan langkah awal dalam memperluas jaringan SPKLU di  wilayah yang membutuhkan.

Selain itu, upaya perwujudan Net Zero Emission (NZE) 2060 dapat tercapai dengan peralihan kendaraan dari bahan bakar fosil ke kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

"Peresmian infrastruktur SKPLU ini merupakan bagian dukungan PLN terhadap program pemerintah dalam memberikan layanan masyarakat dengan standard kualitas yang tinggi dan tetap berkomitmen untuk memajukan sektor transportasi ramah lingkungan," ujar Awat.

Oleh karena itu, dengan semakin meningkatnya penggunaan kendaraan listrik baik di Maluku maupun Maluku Utara, PLN semakin gencar pula menghadirkan SPKLU.

Ia menyebutkan kehadiran SPKLU ini dapat memudahkan pengguna EV di wilayah tersebut mengisi kembali daya baterai kendaraan. Untuk itu, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tobelo kini meresmikan SKPLU.

Baca juga: PLN UIW MMU lakukan pemeliharaan GI Hative Besar jelang Idul Adha

Baca juga: 292 pelanggan di Maluku Malut tersambung listrik gratis program LUTD


SKPLU yang terletak di jalur strategis atau tepatnya di Kantor PLN UP3 Tobelo ini semakin mudah dijangkau para pengendara.

Kehadiran SKPLU di Kota Tobelo juga diharapkan dapat meningkatkan infrastruktur pendukung yang memadai bagi pertumbuhan ekonomi dan pelayanan masyarakat.

"Semoga hal ini dapat turut memberikan dampak positif dalam pemenuhan kebutuhan energi bagi masyarakat luas," ujar Awat.

Adapun peresmian ini ditandai dengan seremoni yang dihadiri oleh Assistant Manager Niaga dan Pemasaran PLN UIW MMU Husen.

"Kami gembira dapat meresmikan SPKLU ini, yang tidak hanya menjadi sarana vital dalam pelayanan kelistrikan, tetapi juga sebagai titik penting dalam infrastruktur transportasi listrik. Dengan adanya SPKLU diharapkan mampu mendukung peningkatan penggunaan kendaraan listrik. Keberadaan SPKLU ini diharapkan mampu mendukung pertumbuhan ekonomi regional dan memfasilitasi konektivitas yang lebih baik antar kota dan provinsi." kata Husen.

Kegiatan peresmian SKPLU Tobelo ini menambah deretan infrastruktur tersebut di Maluku Utara. Sejauh ini terdapat total lima SPKLU di Provinsi Maluku Utara. Kelima SKPLU ini masing-masing beroperasi di Kota Ternate sebanyak dua unit, dan tiga lainnya tersebar di Sofifi, Tidore dan Tobelo yang baru saja diresmikan.

SPKLU dilengkapi dengan teknologi terkini untuk memastikan kualitas dan keamanan dalam pengisian daya listrik, serta berbagai fasilitas pendukung seperti area parkir yang cukup luas.

Baca juga: PLN UP3 Saumlaki melayani tambah daya pelanggan sektor perikanan

Baca juga: Asian Development Bank verifikasi hasil program PLN di Maluku 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024