Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara HUT Ke-78 Bhayangkara di Lapangan Monas, Jakarta, Senin, yang diikuti Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran pejabat utama Mabes Polri, serta personel kepolisian dari semua satuan.

"Jadi, pada tahun ini, Polri melaksanakan puncak acara di Monas, yang diawali nanti dengan upacara parade dan defile yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara," kata Kabareskrim Polri Komjen Pol. Wahyu Widada selaku Ketua Panitia HUT Ke-78 Bhayangkara.

Selain memimpin upacara, kata Wahyu, juga diadakan syukuran pemotongan tumpeng oleh Presiden Jokowi . "Syukuran sederhana saja, hanya potong tumpeng yang diberikan oleh Pak Presiden kepada Pak Kapolri dan kepada beberapa Polri yang berprestasi," ujarnya.

Upacara HUT Ke-78 Bhayangkara dimulai pukul 16.00 WIB, namun masyarakat sudah berbondong-bondong datang ke Monas sejak pukul 12.00 WIB.

Wahyu mengatakan Polri mengangkat tema utama HUT Ke-78 Bhayangkara yakni "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas".

"Sesuai tema ini, tentunya diharapkan kinerja Polri ke depan akan menjadi semakin baik, semakin dekat dengan masyarakat dan semakin profesional. Sehingga polisi dapat menampilkan kinerja menciptakan kondisi kamtibmas yang lebih baik lagi di masa yang akan datang," katanya.

Puncak HUT Ke-78 Bhayangkara ini, selain dilaksanakan upacara peringatan juga dimeriahkan dengan pesta rakyat yang menampilkan pertunjukan musik dari artis-artis ibu kota, serta aneka jajanan kulineran yang gratis untuk masyarakat.

Jenderal polisi bintang tiga itu menyebut, pesta rakyat sebagai wujud rasa syukur Polri, untuk semakin mendekatkan masyarakat dan kepolisian.

"Setelah upacara kami akan melaksanakan pesta rakyat mewujudkan kedekatan Polri dengan masyarakat, Polri dengan rakyat," kata Wahyu.

HUT Ke-78 Polri juga menyediakan arena permainan untuk anak-anak. Termasuk mendatangkan para pedagang-pedagang UMKM menggunakan gerobak untuk menyajikan makanan secara gratis bagi masyarakat yang datang.

"Malam nanti, akan dilaksanakan pesta rakyat ada beberapa penampilan band para penyanyi ibu kota yang sudah cukup terkenal, MC nya Mas Raffi Ahmad, kemudian penampilnya ada Arie Lasso, ada GiGi, Isnaya Sarasvati, dan goyang bersama dengan NDX AKA, akan tampil nanti di situ akan menikmati semuanya," kata Wahyu.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2024