Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) mengungkapkan progres konstruksi Tol Tanjung Pura-Pangkalan Brandan di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mencapai 92,05 persen.

Direktur Operasi III HKI Aditya Novendra mengatakan bahwa hingga akhir Mei 2024, progres penyelesaian segmen Tanjung Pura-Pangkalan Brandan sudah mencapai 92,05 persen.

“Jalan tol ini direncanakan memiliki 2 (dua) gerbang tol yang masing-masing terletak di Tanjung Pura dan Pangkalan Brandan. Dengan panjang total 57 km, Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan dapat segera rampung secara menyeluruh di tahun ini,” ujar Aditya di Jakarta, Senin.

Perusahaan melanjutkan konstruksi Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan. Sebelumnya, perusahaan telah menyelesaikan segmen Binjai-Stabat sepanjang 12,5 km yang dioperasikan pada tahun 2022 dan segmen Stabat-Kuala Bingai-Tanjung Pura sepanjang 25 km yang menyusul beroperasi pada tahun 2023.

Saat ini, perusahaan tengah menggenjot konstruksi segmen Tanjung Pura-Pangkalan Brandan sepanjang 19,36 km.

Baca juga: Tol Kuala Bingai-Tanjung Pura beroperasi tanpa tarif mulai 29 Januari

Baca juga: HK tutup Tol Bangkinang-Koto Kampar setelah buka saat Natal-tahun baru


Dalam proses konstruksi yang dilakukan, perusahaan menghadapi tantangan dimana trase jalan tol melintasi pipa gas alam milik PT Pertamina Gas.

Untuk melindungi pipa gas alam dari longsoran tanah, HKI melakukan proteksi dengan soldier pile dan konstruksi baja. HKI juga menggunakan geotextile untuk melindungi pipa gas dari matahari.

Pelaksanaan pekerjaan di titik posisi pipa gas pun menggunakan box crossing dengan timbunan yang dilakukan dengan perhitungan teknis dan aspek keselamatan yang matang.

Metode box crossing dengan treatment khusus yang melintasi pipa gas alam adalah metode pertama yang dilakukan dari seluruh Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

“Dalam membangun Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS, HKI berkomitmen memberikan hasil terbaik dengan tantangan yang tidak mudah. Kami mohon doa dan dukungan masyarakat agar pembangunan segmen Tanjung Pura-Pangkalan Brandan ini bisa segera kami selesaikan dengan baik,” kata Aditya.

Hingga saat ini, perusahaan masih mengerjakan sejumlah proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lainnya seperti Jalan Tol Padang – Sicincin, Junction Palembang-Indralaya, Jalan Tol Lingkar Pekanbaru, serta Jalan Tol Betung-Jambi Seksi 4.

Baca juga: Hutama Karya: Tarif Tol Lima Puluh-Kisaran diterapkan 19 Juni 2024

Baca juga: Hutama Karya segera tetapkan tarif tol Lima Puluh-Kisaran

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024