Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat sebanyak 25.815 pelanggan diberangkatkan dari Stasiun Malang, Jawa Timur, pada masa libur sekolah periode 24-30 Juni 2024.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif di Kota Malang, Jawa Timur, Senin, mengatakan bahwa jika dibandingkan dengan periode yang sama pada pekan sebelumnya, ada peningkatan jumlah penumpang hingga 20 persen saat masa libur sekolah.

"Ada sebanyak 25.815 pelanggan yang telah berangkat dari Stasiun Malang, jumlah ini meningkat 20 persen dibanding periode yang sama sebelumnya," kata Luqman.

Ia menjelaskan pada periode yang sama pekan sebelumnya, jumlah pengguna angkutan kereta api yang diberangkatkan dari Stasiun Malang sebanyak 21.492 orang. Ia memastikan kenaikan jumlah penumpang tersebut akan terakomodir.

Menurutnya, dengan peningkatan jumlah pelanggan itu, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan kereta api fakultatif pada akhir pekan.

Baca juga: Jumlah penumpang naik 36 persen di Stasiun Malang saat libur Idul Adha

Baca juga: KAI sesuaikan jadwal KA Malioboro Ekspress untuk tingkatkan layanan


Dengan demikian, ada sebanyak 11 kereta api jarak jauh yang terdiri dari sepuluh kereta api jarak jauh reguler dan satu kereta lokal komersial tambahan.

"Total kapasitas yang disediakan yakni 5.645 tempat duduk setiap hari pada akhir pekan," katanya.

Pada masa libur sekolah kali ini, lanjutnya, mayoritas penumpang yang berangkat dari Stasiun Malang didominasi tujuan Jakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi, dengan tiga kereta jarak jauh yang menjadi favorit penumpang.

Tiga kereta api jarak jauh tersebut adalah Kereta Api Malabar relasi Malang-Bandung, Kereta Api Jayabaya relasi Malang-Pasuruan dan Kereta Api Tawangalun relasi Malang Kotalama-Ketapang. PT KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa angkutan.

KAI Daop 8 Surabaya mengimbau masyarakat yang bepergian menggunakan transportasi kereta api untuk melakukan pemesanan lebih awal sehingga dapat memilih tanggal dan juga kereta api yang diinginkan, mengingat ada kenaikan jumlah penumpang saat libur sekolah tersebut.

"KAI terus berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelanggan," katanya.

Baca juga: Pengguna KA di Stasiun Malang naik 40 persen saat libur panjang Waisak

Baca juga: KAI operasikan tiga KA tambahan di Stasiun Malang saat libur Waisak


 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024