Gianyar, Bali (ANTARA) -
Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar, Bali, melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di bidang ketenagakerjaan, Senin, dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan lembaga itu.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar Ni Made Ratnadi di Gianyar, Senin, mengatakan kegiatan ini bertujuan memastikan setiap perusahaan yang dikunjungi mematuhi peraturan ketenagakerjaan yang berlaku, serta menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi karyawan.

Kegiatan itu dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani yang turut mendampingi jalannya kegiatan.

Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan demi meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja di wilayah Kabupaten Gianyar.
 
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar menyampaikan beberapa poin penting, menyatakan komitmen kuat untuk terus memperjuangkan hak-hak pekerja di Kabupaten Gianyar, termasuk peningkatan kesejahteraan, jaminan kesehatan dan kondisi kerja yang layak.

Baca juga: Penjabat Bupati Gianyar sampaikan Raperda RPJPD 2025–2045

Baca juga: Bupati Gianyar: Realisasi pendapatan tahun 2023 hanya 87,35 persen
 
Komisi IV DPRD Gianyar juga menyoroti pentingnya pengawasan yang lebih ketat terhadap implementasi peraturan ketenagakerjaan oleh perusahaan, termasuk pemenuhan standar keselamatan kerja dan hak-hak pekerja lainnya.
 
"Kami tekankan pentingnya mekanisme penyelesaian masalah ketenagakerjaan yang efektif, termasuk penanganan sengketa antara pekerja dan pengusaha secara adil dan cepat. Juga mengajak semua pihak, termasuk instansi terkait, perusahaan, dan serikat pekerja, untuk berkolaborasi dalam menciptakan iklim ketenagakerjaan yang kondusif dan produktif," ungkapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani, mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah penting untuk memastikan bahwa setiap perusahaan mematuhi peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.
 
"Kami mendukung langkah Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar dalam melaksanakan fungsi pengawasannya. Monitoring dan Evaluasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran nyata mengenai kondisi ketenagakerjaan di lapangan, serta membantu kami dalam mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja di Kabupaten Gianyar," ujarnya.

Baca juga: DPRD beri pandangan atas APBD Gianyar 2024

Baca juga: Pemkab dan DPRD Gianyar bahas APBD 2024 sebesar Rp2,7 triliun
 
 

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024