Banda Aceh (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Aceh tetap menyiapkan kamar untuk jamaah haji Aceh selama proses pemulangan dari Tanah Suci pada musim haji 1445 Hijriah.

“Asrama dalam kondisi siap karena setelah pemberangkatan semua fasilitas langsung dicek,” kata Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh Ali Amran di Banda Aceh, Senin.

Pihaknya telah siap untuk menyambut kepulangan jamaah haji Debarkasi Aceh. Jamaah haji asal daerah berjulukan "Tanah Rencong" itu, dijadwalkan kembali ke tanah air mulai 10-21 Juli 2024.

"UPT asrama haji telah merampungkan berbagai persiapan, baik fasilitas, layanan barang bawaan jamaah hingga berbagai kesiapan layanan untuk jamaah lanjut usia," ujarnya.

Saat tiba di tanah air, katanya, jamaah akan kembali ke asrama haji guna mengikuti kegiatan pelepasan sebelum kembali ke daerah masing-masing.

Baca juga: Bandara Soetta layani kepulangan 13.157 haji Indonesia

Berbeda kondisinya dengan keberangkatan, kata Ali, biasanya saat debarkasi atau kepulangan, jamaah haji tidak lagi menginap di asrama haji.

Namun, ucapnya, tidak menutup kemungkinan juga jamaah akan menginap, terutama bagi mereka berasal dari daerah yang jaraknya jauh dari Banda Aceh.

Oleh karena itu, pihak asrama haji tetap menyiapkan kamar sesuai kebutuhan.

“Biasanya yang menginap bagi yang jauh seperti Kuta Cane (Aceh Tenggara) atau menyeberang lautan, seperti Simeulue dan Sabang dan yang perlu perawatan medis itu yang tinggal. Untuk daerah lain setelah lepas sambut langsung kembali ke daerah,” ujarnya.

Kasubbag Tata Usaha Asrama Haji Embarkasi Aceh Irsyadi mengatakan selain persiapan layanan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag Aceh terkait dengan mekanisme penerimaan jamaah ke asrama dalam tahapan debarkasi itu.

“Kita terus bangun komunikasi berbagai hal yang harus dilakukan saat pemulangan nanti. Intinya kita ingin semuanya maksimal dan jamaah terlayani dengan baik,” katanya.

Meski tidak semua haji menginap, pihaknya tetap melakukan persiapan dan layanan secara optimal bagi jamaah, sama seperti saat pemberangkatan atau embarkasi.

Baca juga: 286 haji Mataram kloter 7 sudah tiba 
Baca juga: Debarkasi Batam sudah fasilitasi pemulangan 3.590 haji ke tanah air
Baca juga: Kemenag Belitung serahkan koper haji yang meninggal dunia

Pewarta: Khalis Surry
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024