Makassar (ANTARA) -
Gerai dari enam negara dipastikan akan ambil bagian pada ajang budaya Makassar International Eight Festival & Forum atau yang lebih dikenal dengan F8 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 24-28 Juli mendatang.
 
Adapun enam negara yang menyatakan kesiapannya hadir memeriahkan F8 Makassar, yakni Jepang, dan tiga fashion desainer dari Hong Kong, Brunei Darussalam, dan Malaysia. Selain itu, ada pula Singapura dan India.
 
"Ada enam negara yang telah menyatakan hadir dengan gerai yang telah kami siapkan, dan ini bisa saja bertambah hingga sepekan sebelum acara," kata Direktur Utama PT Festival Delapan Sofyan Setiawan pada Konferensi Pers F8, di Kapal Pinisi Pemkot Makassar, Anjungan Pantai Losari, Senin.
 
Lebih dari pelaksanaan F8 sebelumnya, sebanyak 133 gerai akan mewarnai kegiatan budaya dan ekonomi kreatif tersebut selama lima hari. Korporat sembilan gerai, fashion & beauty 13 gerai, dan sebanyak 94 gerai untuk UMKM.
 
Berbeda dari sebelumnya, F8 tahun ini akan dilengkapi pula oleh gerai pemerintahan dari sejumlah daerah di Indonesia, seperti Pemerintah Kabupaten Gowa dan Takalar.
 
"Mereka akan melakukan promosi untuk daerahnya lewat ajang internasional F8, kendati tahun ini tidak ada target kunjungan. Sedangkan tahun lalu kunjungan itu mencapai 431 ribu, jadi sekitar 500 ribu mungkin pengunjung yang akan hadir tahun ini," ujar Wawan, sapaan akrab Sofyan Setiawan.
 
Lebih dari itu, kolaborasi yang menghadirkan berbagai mitra juga akan memberikan keuntungan bagi para pelaku UMKM yang terlibat. Sebab Bank Sulselbar sebagai partner dalam pelaksanaan F8 2024 juga akan menyiapkan program KUR (Kredit Usaha Rakyat) bagi pelaku UMKM yang terlibat pada giat ini.
 
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang juga sebagai pencetus F8 yang diinisiasi sejak 2015 itu, mengaku akan memberikan suguhan seni dan budaya dan lainnya kepada masyarakat yang akan memorable (sangat berkesan).
 
"Insya Allah F8 jadi kebanggaan kita dan kepercayaan terhadap F8 sampai saat ini tetap kuat sekali," katanya lagi.
Baca juga: Wali Kota Makassar klaim pengunjung F8 capai 500 ribu orang
Baca juga: Wali Kota Makassar libatkan arsitek bambu terbaik Indonesia di F8

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024