Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemberitaan menarik perhatian pembaca pada Senin (1/7) termasuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan keamanan data cadangan penerima dan pendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Selain itu, terdapat pula pemberitaan mengenai Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) yang akan membuka kampus di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengecam pernikahan santriwati dengan pengasuh pondok pesantren di Jawa Timur.

Dapat disimak juga informasi mengenai pemicu gempa yang terjadi di selatan Jawa Barat pada Senin dini hari.

Simak berita humaniora kemarin yang masih menarik dibaca hari ini:

1. Kemendikbudristek: Data KIP Kuliah aman dan pencairan sesuai jadwal

Kemendikbudristek memastikan keamanan data cadangan para penerima serta pendaftar KIP Kuliah dengan pencairan dilakukan tetap sesuai jadwal meski sempat terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2.

Berita dapat dibaca di sini

 

2. UMPR buka kampus di IKN penugasan Presiden RI

UMPR Kalimantan Tengah menyatakan siap melaksanakan penugasan dari Presiden Joko Widodo untuk membuka kampus serta melaksanakan kegiatan akademik dan riset di dalam kawasan IKN.

Berita dapat dibaca di sini

 

3. KemenPPPA kecam pernikahan santriwati dengan pengasuh ponpes di Jatim

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengecam keras dugaan terjadinya pernikahan siri antara seorang santriwati dengan pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Lumajang, Jatim dan meminta kepolisian mengungkap motif dari kasus yang perkawinan anak tersebut.

Berita dapat dibaca di sini

 

4. Gempa di Selatan Jabar dipicu aktivitas lempeng Indo-Australia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap gempa bumi yang mengguncang wilayah Jawa Barat (Jabar) bagian selatan pada Senin dini hari, dipicu aktivitas lempeng Indo-Australia yang menujam ke bawah Lempeng Eurasia.

Berita dapat dibaca di sini

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024