Jakarta (ANTARA) - Perusahaan kreatif Creative Tribe bersama HatiPlong, RAD 1440, Vox Populi, seniman Baraka dan sejumlah komunitas olahraga berhasil menggelar kampanye pelarian untuk menggaungkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental dengan tema "Men’s Mental Health Awareness Month".

Dikutip dari keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin (1/7), kampanye pelarian pertama kali digagas pada tahun 2022 dan berhasil mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Bertepatan dengan perayaan kesadaran terhadap kesehatan mental laki-laki di berbagai belahan dunia, kali ini pelarian kembali hadir untuk menyorot hal yang sama, yakni kesehatan mental kaum laki-laki dan sukses digelar beberapa waktu lalu di Jakarta.

Baca juga: Creative Tribe gelar kampanye kesehatan mental #pelarianweekenders

Baca juga: Pelarian Weekenders ajang seimbangkan kesehatan mental dan fisik


"Memperingati momen Men's Mental Health Awareness Month ini, kami dari pelarian ingin mengajak teman-teman dan kerabat semua di mana saja berada, terutama para teman pria di luar sana bahwa it’s ok to be not ok," kata Strategic Planner Creative Tribe Iman Sadeqh.
 
Ia menambahkan, "Kali ini, pelarian di support sekaligus berkolaborasi dengan Baraka, seorang seniman muda yang juga memulai karirnya dalam berkarya sebagai bentuk 'pelariannya' dari mental health issue dan anxiety yang sempat dirinya hadapi".

Di acara ini, para peserta diajak untuk berlari santai bersama sambil mengenakan pakaian khusus berupa kaus putih sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian terhadap diri sendiri dan orang lain.

Usai berlari, para peserta dapat melakukan berbagai aktivitas lain yang telah disediakan oleh pelarian. Mulai dari diskusi dan curhat santai bersama psikolog HatiPlong hingga menikmati penampilan musik dari deretan seniman, seperti Simon, Odeq, YSVN (We are neurotic), dan lainnya.

Selain merayakan Men’s Mental Health Awareness Month, ajang pelarian kali ini menjadi momen pembuka Baraka Mini Showcase bertema Transcend #BARAKAGOBEYOND.

Showcase dari seniman tersebut digelar mulai 29 Juni - 28 Juli 2024 di BIRU Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Di sana, Baraka menampilkan lebih dari 20 karya yang dibuatnya dalam kurun waktu 2021 - 2024 berupa karya canvas dan artpaper yang menjadi bagian dari perjalanan Baraka dalam menemukan identitas dirinya.

“(Showcase) BARAKAGOBEYOND yang gue maksud disini adalah melampaui batas," kata Baraka.

"Untuk mencapai kesadaran penuh, kita harus melampaui batas kemampuan dari diri kita sendiri. Bisa berupa kenangan masa lalu, atau hurt and pain yang kita miliki hingga mengubah itu semua menjadi suatu pelajaran dan hal yang positif,” tutup Baraka.

Baca juga: Peduli isu kesehatan mental, Creative Tribe gagas ajang #pelarian

Baca juga: Instagram luncurkan kampanye kesehatan mental di Indonesia

Baca juga: WHO dan TikTok buat kampanye untuk Hari Kesehatan Mental Sedunia

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2024