Timika (ANTARA) - Satuan Tugas Komando Operasi (Satgas Koops) TNI Habema yang melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Opspamtas) RI-PNG di wilayah Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, membagikan makan kepada masyarakat di Distrik Sinak di daerah setempat.

Panglima Koops Habema Brigjen TNI Lucky Avianto di Timika, Selasa, mengatakan bahwa Satgas Yonif Raider 323/Buaya Putih Kostrad melakukan patroli rutin di Kampung Yauria, Distrik Sinak sambil membagikan makanan kepada masyarakat sekitar.

"Jadi sebelum kegiatan patroli dilakukan, Satgas Yonif 323 Kostrad pimpinan Lettu Fauzi telah menyiapkan beberapa paket nasi bungkus untuk dibagikan ke masyarakat," katanya.

Menurut Lucky, berdasarkan pengalaman saat melakukan patroli rutin, prajurit mendapati bahwa masyarakat terkendala untuk mengonsumsi nasi.
 
"Memang ditemui pada beberapa kalangan masyarakat ada yang kesulitan mendapatkan nasi, maka prajurit menyiapkan nasi bungkus untuk dibagikan saat berkeliling melakukan patroli," ujarnya.

Dia menjelaskan prajurit dari Pos Sinak Bandara membawakan beberapa paket nasi bungkus kemudian dibagikan kepada masyarakat yang ditemui dan masyarakat antusias menerima.

"Kreativitas Satgas Yonif 323 Kostrad membagikan makanan di Kampung Yauria merupakan upaya TNI menjaga hubungan yang harmonis dengan masyarakat, guna mendukung percepatan pemenuhan kebutuhan dasar di wilayah Papua," katanya lagi.

Masyarakat Distrik Sinak Mama, Maria Murib mengatakan bahwa ia memberi salam komando kepada prajurit sebagai ungkapan terima kasih dan rasa syukur.

"Puji Tuhan, terima kasih bapak tentara sudah membagikan kami makanan, doa kami Tuhan memberkati kalian selalu dalam tugas," katanya.

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2024