Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Laut menyiapkan kapal-kapal angkut landing platform dock (LPD) dari Komando Lintas Laut Militer untuk mengangkut pasukan ke Ibu Kota Nusantara menjelang upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali saat ditemui di sela kegiatannya di Markas Komando Kolinlamil, Jakarta, Selasa, mengatakan kapal-kapal itu juga disiapkan untuk menjadi tempat menginap sementara para prajurit yang bertugas pada upacara memperingati kemerdekaan RI di IKN.

"Kami juga menyiapkan beberapa kapal LPD untuk mengangkut pasukan yang bertugas upacara dan juga material, dan bahkan beberapa kapal akan menjadi tempat menginap sementara," kata Laksamana Ali menjawab pertanyaan ANTARA saat jumpa pers selepas puncak peringatan HUT Ke-63 Kolinlamil di Markas Komando Kolinlamil, Jakarta.

Dia mengatakan kapal-kapal itu nantinya disiapkan untuk lego jangkar di perairan dekat dermaga IKN. Namun, Laksamana Ali belum menyebutkan jadwal kapal-kapal itu mulai mengangkut pasukan ke IKN.

Baca juga: OIKN sebut perayaan HUT RI di IKN jadi upacara selamat datang

Upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024 dijadwalkan digelar di IKN dan di Jakarta. Di IKN, upacara memperingati kemerdekaan RI itu dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto, sementara upacara di Istana Merdeka bakal dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan dihadiri oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Demi mewujudkan rencana upacara di IKN, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pengerjaan sejumlah sarana dan prasarana, khususnya infrastruktur yang menunjang kebutuhan dasar seperti air, listrik, dan jalan.

Di luar itu, pembangunan Istana Kepresidenan, kantor-kantor kementerian, memorial park juga dikebut agar dapat operasional pada akhir Juli 2024.

"Kantor presiden juga alhamdulillah, mudah-mudahan akhir Juli ini nanti bilah-bilah garuda juga sudah. Sumbu kebangsaan yang di depan Istana juga sudah selesai. Kantor menko-menko (menteri koordinator, red.) nanti fungsional untuk bisa digunakan. Jalan di depan Istana Presiden mudah-mudahan nanti bisa dikebut untuk Juli ini selesai semua," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti saat mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, pekan lalu (27/6).

Baca juga: PUPR kebut pembangunan IKN agar siap sebelum Upacara HUT RI

Dia saat itu juga memastikan kantor kepresidenan dapat ditempati pada Juli 2024 sesuai dengan rencana Presiden Jokowi berkantor di IKN pada Juli — sekitar sebulan sebelum penyelenggaraan acara peringatan HUT RI.

Demi mendukung persiapan itu, termasuk untuk memastikan kapal-kapal dapat berlayar dan lego jangkar di dekat IKN, Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) juga menggelar survei ulang untuk bawah air di sekitar IKN.

"Kami kemarin ke sana konsentrasi untuk rencana 17 Agustus-an di IKN sehingga kami dari sisi hidrografi kami mendukung, karena waktu itu ada permintaan dari Mabes TNI, coba dipelajari kalau kita menggunakan kapal LPD sehingga kami survei ulang di wilayah IKN, kira-kira di dermaga mana, alur mana yang memungkinkan untuk menampung LPD," kata Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Budi Purwanto saat ditemui di Jakarta bulan lalu (25/6).

Dari hasil pemetaan ulang perairan di dekat pesisir di IKN, Pushidrosal telah menentukan jalur dan daerah perairan yang aman untuk kapal jenis LPD berlayar dan lego jangkar.

Baca juga: PUPR: Kantor Kemenko 1 di IKN untuk akomodasi petugas upacara HUT RI
Baca juga: Presiden ungkap alasan upacara HUT Ke-79 RI digelar di IKN dan Jakarta

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024