Jakarta (ANTARA) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional Yogyakarta menekankan pentingnya Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dalam pembangunan daerah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator dan Pengawas Angkatan I serta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan IV Tahun 2024 di Yogyakarta, Jumat (28/6).

Adapun pendidikan dan pelatihan (diklat) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan kepemimpinan dalam rangka meningkatkan kinerja dan efektivitas publik.

Sugeng menegaskan keberhasilan diklat tidak hanya soal predikat, tapi juga lebih pada kemanfaatan peran di sebuah institusi pemerintah agar selalu sanggup mengelola berbagai sumber daya organisasi.

“Kepemimpinan modern harus mampu memprediksi peluang dan tantangan di tengah pergolakan atau dinamika global yang untuk diterjemahkan dalam dokumen perencanaan pembangunan secara komprehensif, mulai jangka panjang, menengah hingga cakupan jangka pendek,” kata Sugeng.

Dia menggarisbawahi peran penting RKPD yang diharapkan menjadi pedoman dalam penyusunan anggaran dan program pembangunan daerah yang sesuai dengan prioritas nasional dan daerah.

Sebab, pembangunan daerah yang terencana dengan baik akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pendapatan, kesempatan kerja, dan kualitas pelayanan publik.

Ia berharap pelatihan kepemimpinan ini harus berkontribusi besar terhadap perumusan hingga implementasi kebijakan yang berdampak.

Harapan ini juga ditujukan baik bagi alumni maupun yang sedang menjalani proses pembelajaran dalam pelatihan kepemimpinan.

"Peran alumni juga harus berkembang dan berdampak signifikan dalam interaksi dengan unit kerja, mitra kerja maupun masyarakat," pungkasnya.

Baca juga: Kemendagri tekankan pentingnya pemahaman regulasi pengelolaan keuda
Baca juga: Wamendagri apresiasi tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2024

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2024