Jakarta (ANTARA) - PT Sang Hyang Seri, anggota BUMN Holding Pangan ID FOOD mencatat, hingga awal Juli 2024 telah memasok benih padi jenis inpari 32 untuk mendukung pemenuhan kebutuhan dalam negeri sebanyak 122.750 kilogram (kg).

"Hingga 1 Juli 2024 ini, kami telah memasok benih padi sebanyak 122.750 kg dari target sebanyak 175.000 kg. Varietas benih padi yang disalurkan adalah Inpari 32, dengan jumlah penerima sebanyak 161 kelompok tani dengan 12.407 anggota/petani,” ujar Direktur Utama PT Sang Hyang Seri Adhi Cahyono Nugroho, di Jakarta, Selasa.

Adhi mengungkapkan, pihaknya turut dipercaya menyalurkan benih padi untuk 7.000 ha sawah di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Baca juga: Dirut PT Sang Hyang Seri inspeksi produksi benih padi di Solo
PT Sang Hyang Seri, kata dia lagi, akan memasok benih padi sebanyak 175.000 kg yang disalurkan dalam program Peningkatan Indeks Pertanaman yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian melalui Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan untuk Bantuan Benih melalui program e-Katalog dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Adapun pada proses produksi benih padi yang dilakukan pihaknya, selama ini dilakukan melibatkan kelompok tani, yang ditargetkan mampu mendukung kesejahteraan petani melalui program penangkaran benih padi, sehingga menciptakan ekosistem yang saling menguntungkan.

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan benih padi bantuan pemerintah melalui e-Katalog, PT Sang Hyang Seri tidak mendapatkan jalur khusus, melainkan melainkan murni bersaing dengan para produsen lain yang terdaftar pada e-Katalog Benih Padi Kementan, baik dari sisi harga, kualitas, pelayanan dan kemampuan distribusi ke titik bagi kelompok tani.
Baca juga: PT Sang Hyang Seri bersama BRIN kembangkan penanaman sorgum
Baca juga: Sang Hyang Seri: Lahan di Sukamandi produktif dukung cadangan pangan

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2024