Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi informasi (IT) Devoteam G Cloud merancang dua solusi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam industri telekomunikasi sebagai upaya mempermudah konsumen, meningkatkan produktivitas, dan efisiensi.

"​Kami​​​​​​ membangun solusi AI menggunakan Google Cloud Platform yang mengotomatisasi workflow agar mempersingkat waktu, sehingga mempermudah konsumen, meningkatkan produktivitas, dan efisiensi," kata Country Director Devoteam G Cloud Indonesia Hendrawan Deny Ardiyatman dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Kedua solusi AI penting tersebut adalah Vision AI dan Customer Searching Experience dengan Generatif AI.

Hendrawan menjabarkan Vision AI Solution adalah solusi berbasis machine learning yang memungkinkan deteksi objek pada suatu foto dengan output yang dihasilkan dapat langsung dianalisis sesuai kebutuhan.

"Kami menerapkan solusi Vision AI berbasis machine learning ini di perusahaan telekomunikasi Telkomsel," katanya.

Ia melanjutkan solusi tersebut mampu mendeteksi beragam objek seperti kartu provider, banner, dan poster untuk analisis market share yang cepat, real time, dan akurat.

Didukung oleh prosesor Intel Xeon Scalable generasi ke-4 di Google Cloud dan software Open Vino, solusi tersebut akan meningkatkan performa kecepatan deteksi objek hingga 10 kali lipat.

Solusi kedua, Generative AI, menurut Hendrawan, mentransformasi searching experience di aplikasi MyTelkomsel menjadi lebih intuitif.

Pengguna dapat mencari produk dengan lebih cepat dan mudah menggunakan keyword search yang kontekstual, sehingga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mengoptimalkan kepuasan pelanggan.

Didukung teknologi terkini Intel Xeon Scalable Processor di Google Cloud, solusi itu menawarkan performa optimal dengan biaya yang lebih efisien, ujarnya.

Hendrawan menambahkan pada ajang Intel AI Summit di Jakarta, beberapa waktu lalu, Devoteam G Cloud mendapat kesempatan untuk menjabarkan lebih banyak tentang kemampuan AI dalam industri telekomunikasi tersebut.

"Kami bangga telah menyampaikan solusi AI yang telah kami bangun dan sangat antusias untuk menantikan beragam teknologi Intel selanjutnya, karena kolaborasi produk Google Cloud dengan produk Intel akan menghasilkan kecanggihan AI yang lebih mengagumkan di masa mendatang," sebutnya.

Baca juga: Devoteam maksimalkan transformasi digital Perumda Pasar Jaya
Baca juga: Devoteam dan Google Cloud maksimalkan digitalisasi BPR di Indonesia
Baca juga: Sektor bisnis pada 2024 diprediksi kian ramai dengan adopsi Gen AI

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2024