Solo (ANTARA) - Lima bakal calon rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, periode 2024-2029 menjalani uji publik pada Selasa.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) UNS Mohammad Jamin mengatakan bahwa pada uji publik tersebut bakal calon rektor memaparkan visi misi di depan panelis.

"Mereka dipersilakan membuat kertas-kertas kerja yang terkait rencana program kerja maupun visi-misi mereka sebagai rektor," katanya di Surakarta, Selasa.

Baca juga: UNS mulai buka pendaftaran bakal calon rektor

Ia mengatakan para bakal calon rektor menekankan poin apa saja yang dianggap penting untuk diperbaiki atau dikembangkan untuk kebijakan-kebijakan di UNS.

"Prinsipnya menggali pemikiran dan rencana kebijakan, rencana program yang dilakukan apabila terpilih menjadi rektor," katanya.

Baca juga: Enam orang mendaftar jadi bakal calon Rektor UNS

Lima bakal calon rektor UNS tersebut, yakni Hartono dari Fakultas Kedokteran, Fitria Rahmawati dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Cucuk Nur Rosyidi dari Fakultas Teknik, Muhtar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Warsito dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Sementara itu, pada uji publik tersebut dihadiri oleh anggota Majelis Wali Amanat (MWA), anggota Senat Akademik, dan anggota Dewan Profesor.

Baca juga: MWA UNS buka peluang SDM dari PTNBH lain ikuti seleksi rektor

Uji publik ini nantinya akan menjadi pertimbangan bagi MWA untuk mengerucutkan dari lima nama menjadi tiga calon rektor.

"Tiga ini bukan lagi bakal calon rektor tetapi calon rektor. Selanjutnya nanti akan dipilih oleh MWA sebagai rektor terpilih," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024