Jakarta (ANTARA) - Pendidikan kedokteran di Indonesia masih menjadi salah satu pilihan favorit bagi banyak calon mahasiswa.

Namun, biaya pendidikan sering kali menjadi kendala utama, terutama ketika memilih kampus negeri yang memiliki reputasi terbaik.

Pada artikel kali ini ANTARA akan mengulas tentang biaya kuliah kedokteran di lima kampus negeri terbaik di Indonesia.

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia, yang terletak di kota Depok, Jawa Barat, adalah salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang menyediakan program pendidikan kedokteran yang berkualitas.

Biaya kuliah untuk program kedokteran di UI bervariasi berdasarkan status mahasiswa. Bagi mahasiswa reguler, biaya kuliah per semester sekitar Rp 10 juta untuk golongan 1 dan yang tertinggi Rp 20 juta untuk golongan 5.

Namun, UI juga menyediakan berbagai program beasiswa, termasuk Bidikmisi, untuk membantu mahasiswa yang membutuhkan dalam membiayai pendidikan mereka.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Berlokasi di Yogyakarta, UGM juga terkenal dengan program pendidikan kedokteran yang mereka miliki. Biaya kuliah di UGM untuk program kedokteran adalah sekitar Rp 6 juta hingga Rp 25 Juta per semester untuk
mahasiswa reguler.

UGM juga aktif dalam memberikan bantuan finansial kepada mahasiswa melalui program beasiswa seperti beasiswa Prestasi Akademik dan beasiswa Bidikmisi, sehingga membantu meningkatkan aksesibilitas bagi para calon dokter dari latar belakang ekonomi yang beragam.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Meskipun lebih dikenal dengan program tekniknya, ITB juga menyediakan pendidikan kedokteran yang berkualitas.

Biaya kuliah untuk program kedokteran di ITB sekitar Rp 12 juta per semester untuk mahasiswa reguler. ITB juga menawarkan program beasiswa Bidikmisi yang dapat membantu mahasiswa mengurangi beban biaya pendidikan mereka.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas yang terletak di kota Surabaya ini adalah salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang menawarkan pendidikan kedokteran.

Biaya kuliah untuk program kedokteran di UNAIR bervariasi, dengan estimasi biaya sekitar Rp 9 juta per semester untuk mahasiswa reguler dan Rp 15 juta untuk jalur mandiri.

Seperti universitas lainnya, UNAIR juga memiliki berbagai program beasiswa untuk mendukung mahasiswa yang membutuhkan.

5. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Perguruan tinggi yang berbasis di kota Semarang ini juga dikenal dengan program kedokteran yang komprehensif. Biaya kuliah untuk program kedokteran di UNDIP beragam, tergantung golongan, untuk yang termurah ada di UKT golongan I sebesar Rp500.000 dan termahal ada di golongan VIII sebesar Rp22.000.000.

UNDIP juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan bantuan finansial melalui berbagai program beasiswa yang tersedia.

Meskipun biaya pendidikan kedokteran di kampus-kampus negeri terbaik ini dapat mencapai angka yang signifikan, pemerintah dan perguruan tinggi bekerja sama dalam berupaya untuk meningkatkan aksesibilitas dengan menyediakan program beasiswa seperti Bidikmisi, yang memberikan bantuan
finansial kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Selain itu, kerja sama dengan lembaga
swasta dan lembaga internasional dalam menyediakan beasiswa tambahan juga membantu dalam mengurangi beban biaya pendidikan bagi mahasiswa.

Baca juga: Biaya kuliah kedokteran di 5 kampus swasta favorit

Baca juga: Biaya kuliah di Universitas Terbuka

Baca juga: Biaya kuliah di 5 PTN favorit Indonesia

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2024