Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat sejak 1 Januari 2024 sampai Selasa telah memvaksinasi 3.397 hewan penular rabies (HPR) di delapan kecamatan di wilayah tersebut.

"Total sampai akhir Juni itu 3.302 HPR kita vaksinasi, terus hari ini tadi di Tegal Alur dan Meruya Utara ada 95 HPR," kata Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Barat, Novy C. Palit saat dihubungi di Jakarta.

HPR yang divaksin terdiri atas 681 ekor anjing, 2.691 kucing, 22 kera dan tiga musang.

Novy menuturkan bahwa vaksinasi ditujukan untuk mempertahankan wilayah DKI Jakarta sebagai daerah bebas rabies sejak tahun 2004 berdasarkan SK Menteri Kesehatan. "Sekaligus memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat juga," kata Novy.

Baca juga: Pemkot Jakbar memvaksinasi rabies 7.970 hewan pada 2022
Baca juga: Jakarta Barat benarkan ada edaran larang warga beri makan kucing liar


Pihaknya telah meminta kontribusi masyarakat khususnya para pemilik HPR untuk mengantisipasi penularan virus tersebut dengan membawa HPR ke lokasi vaksinasi.

Imbauan tersebut disampaikan Novy menyusul rendahnya partisipasi masyarakat pemilik HPR untuk membawa HPR-nya ke lokasi vaksinasi.

Novy menuturkan bahwa membawa HPR ke lokasi vaksinasi juga menjadi salah satu bentuk tanggung jawab pemilik HPR terhadap lingkungan dan warga sekitar.

"Masyarakat yang memiliki hewan kesayangan diharapkan untuk lebih memperhatikan kesehatan dan memelihara hewan kesayangannya sebagai bentuk tanggung jawab sebagai pemilik hewan peliharaan terhadap lingkungan sekitarnya," ungkap Novy.

Adapun informasi vaksinasi di wilayah dapat dipantau di akun @sudinkpkpjb.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024