Kendari (ANTARA) - Tim Penyelamat Pos SAR Wakatobi, Basarnas Kendari mengevakuasi empat orang yang mengalami kecelakaan kapal dan tenggelam di sekitar Perairan Komponaone, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Basarnas Kendari Aminuddin P.S di Kendari Selasa malam, mengatakan, bahwa peristiwa tersebut pertama kali diinformasikan oleh salah seorang penumpang kapal tersebut, telah terjadi kecelakaan kapal KM Putra Karela GT 31 rute Wanci-Tomia, pada pukul 18:20 WITA.

"Dengan muatan empat orang, kapal itu tenggelam akibat cuaca buruk di sekitar perairan tersebut," kata Aminuddin.

Keempat orang tersebut masing-masing bernama Laode Sudirman (48) selaku kapten, Suriono (47), La Ndola (38), dan Laode Muh Riswan (30).

Dia menyebutkan bahwa berdasarkan informasi tersebut, pihaknya kemudian memberangkatkan Tim Penyelamat Pos SAR Wakatobi menuju lokasi yang dilaporkan dengan menggunakan perahu karet untuk memberikan bantuan SAR, pada pukul 18:45 WITA.

"Jarak tempuh ke lokasi itu dengan Pos SAR Wakatobi sekitar 5,16 mil laut," ujarnya.

Aminuddin mengungkapkan bahwa sekitar pukul 20:12 WITA, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban yang terombang ambing di atas rakit dalam keadaan selamat dan mereka sudah dalam posisi karam.

"Selanjutnya, empat orang tersebut dievakuasi menuju Pelabuhan Marina Wanci," ungkap Aminuddin.

Ia menyampaikan bahwa dengan ditemukan keempat korban tersebut dalam keadaan selamat, Operasi SAR kecelakaan kapal KM Putra Karela GT 31 rute Wnaci-Tomia dengan empat orang penumpang yang tenggelam akibat cuaca buruk dinyatakan selesai dan ditutup sekitar pukul 21:30 WITA.

"Seluruh unsur yang terlibat dalam operasi itu dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," jelasnya.

Adapun unsur yang terlibat dalam operasi tersebut, lanjutnya, yakni personel Pos SAR Wakatobi, Pos TNI AL Wakatobi, dan Polair Polres Wakatobi.

Baca juga: Kapal dihantam ombak, nahkoda & ABK tewas di perairan Inderagiri Hilir
Baca juga: Tim SAR Babel mencari tiga ABK kapal nelayan tenggelam di Laut Jawa
Baca juga: Satu kapal wisata di Labuan Bajo terbakar


 

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2024