Jakarta (ANTARA) - Lima berita pilihan soal perekonomian kemarin masih menarik untuk dibaca hari ini, Rabu, mulai dari strategi penurunan angka kemiskinan hingga upaya penguatan sumber daya manusia (SDM) industri melalui kerja sama vokasi.

Berikut beritanya:

Kemenkeu: Bansos hingga ekonomi domestik turunkan tingkat kemiskinan

Kementerian Keuangan menyatakan berbagai program bantuan sosial (bansos) yang digulirkan oleh Pemerintah hingga aktivitas ekonomi domestik berperan dalam menurunkan tingkat kemiskinan pada Maret 2024.

“Penurunan angka kemiskinan pada Maret 2024 ditopang oleh solidnya aktivitas ekonomi domestik dan berbagai program bantuan sosial Pemerintah, khususnya dalam merespons kenaikan inflasi pangan pada awal 2024,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu di Jakarta, Selasa.

Baca berita selengkapnya

Gangguan PDN tak berdampak pada penerbangan

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa gangguan di Pusat Data Nasional (PDN) tak berdampak pada layanan penerbangan.

"Kalau kami sentralnya kan di Pusdatin, Pusat Data Informasi dan sejauh ini memang tidak teridentifikasi ada yang kemudian mengganggu pelayanan di Kementerian Penghubungan," Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Sigit Hani Hadiyanto di Jakarta, Selasa.

Baca berita selengkapnya

Ekonom rekomendasikan relaksasi PPN guna pacu kontribusi manufaktur

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira merekomendasikan pemerintah menerapkan relaksasi tarif pajak pertambahan nilai (PPN) yang saat ini 11 persen dan 12 persen di 2025, menjadi 7-8 persen guna lebih memacu kontribusi sektor manufaktur terhadap devisa negara.

"Perlu dukungan dari pemerintah untuk jaga demand side lewat relaksasi tarif PPN," kata dia dihubungi di Jakarta, Selasa.

Baca berita selengkapnya

Kemenkeu: Manufaktur tetap ekspansif di tengah gejolak pasar keuangan

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menyatakan aktivitas manufaktur Indonesia tetap melanjutkan tren ekspansif selama 34 bulan berturut-turut per Juni 2024 di tengah gejolak pasar keuangan.

“Di tengah stagnasi ekonomi global dan gejolak pasar keuangan, PMI Indonesia masih dalam tren ekspansif,” kata Febrio di Jakarta, Selasa.

Baca berita selengkapnya

Menaker Ida akan pelajari fasilitas pelatihan vokasi di China

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI Ida Fauziyah dijadwalkan mengunjungi fasilitas pelatihan vokasi di China baik yang dikelola pemerintah maupun swasta.

"Kami juga tahu bahwa peningkatan kapasitas, 'skill' dan kompetensi di China tinggi, jadi kami juga mau belajar bagaimana kompetensi itu dikelola. Kami ingin melihat 'vocational training' yang dikelola pemerintah dan swasta," kata Menaker Ida Fauziah di Wisma Indonesia di dalam kompleks Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing, China pada Selasa.

Baca berita selengkapnya

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024