Jakarta (ANTARA) - Aplikasi layanan pesan instan WhatsApp atau yang biasa disingkat WA memiliki fitur perangkat tertaut yang memungkinan pengguna mengakses satu akun dari hingga 4 perangkat berbeda, seperti komputer, laptop, tablet, dan bahkan HP sekunder.

Fitur perangkat tertaut atau linked devices memudahkan pengguna untuk mengelola satu akun atau nomor WhatsApp dari ponsel atau HP pengguna yang telah terinstal WhatsApp untuk verifikasi akun pertama kali, bisa terkoneksi dengan perangkat lainnya.

Dengan fitur ini, setiap akun yang terhubung ke perangkat berbeda tetap terenkripsi secara end-to-end, baik itu pesan, foto, video, ataupun voice note yang dikirim terjamin keamanannya.

Lantas, bagaimana cara menggunakan satu akun WhatsApp di beberapa perangkat? Yuk simak langkah-langkah berikut, seperti yang dimuat di laman resmi WhatsApp:

Cara menggunakan satu akun WhatsApp di beberapa perangkat
1. Unduh aplikasi WhatsApp di ponsel pendamping atau perangkat lainnya yang ingin ditautkan
2. Klik tombol setuju dan lanjutkan untuk ke halaman setup, terdapat titik tiga di sudut kanan atas. Pilih opsi Tautkan Perangkat.
3. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel utama yang telah terverifikasi akun WhatsApp pertama kali, kemudian pilih pengaturan lalu ketuk linked devices
4. Pindai kode QR yang muncul di layar perangkat lain menggunakan kamera ponsel utama
5. Tunggu beberapa saat sampai akun WhatsApp tersinkronisasi di ponsel pendamping atau perangkat lain sehingga satu akun WhatsApp bisa dipakai dan terhubung di beberapa perangkat lainnya.

Namun, perlu juga diperhatikan bahwa ponsel utama harus tetap aktif terhubung dengan internet. Hal ini lantaran jika ponsel utama tidak dapat mengakses server WhatsApp lebih dari 14 hari koneksi pada perangkat pendamping lainnya akan terputus.

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024