Jakarta (ANTARA) - Migrain adalah penyakit neurologis kompleks yang telah diidentifikasi sebagai penyebab utama sakit kepala pada kebanyakan orang. Meski obat-obatan terbukti ampuh dalam mengatasi migrain, penting juga untuk memahami cara mengatasi nyeri saat migrain menyerang.

Berikut adalah 5 cara ampuh untuk atasi migrain tanpa obat;
  1. Mencari tempat yang tenang. Saat gejala awal migrain mulai menyerang, cobalah untuk mencari tempat yang tenang dan menjauh dari keramaian sebisa mungkin. Matikan lampu pada ruangan karena cahaya dan suara dapat memperburuk nyeri migrain. Bersantai lah di ruangan yang gelap dan tenang. Tidurlah jika memungkinkan.
  2. Meminum minuman berkafein. Kafein dalam jumlah kecil dapat meredakan nyeri migrain pada tahap awal.
  3. Mengelola stres. Menurut jurnal ilmiah berjudul "Is there a causal relationship between stress and migraine? Current evidence and implications for management" yang diterbitkan dalam "The Journal of Headache and Pain", menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara stres dan migrain. Usahakan selalu berpikir positif dan melakukan kegiatan yang kamu senangi. Cara-cara tersebut efektif melawan stres sekaligus bantu mengatasi migrain.
  4. Pijat pelipis. Pijatan dapat meredakan ketegangan otot yang sering memicu sakit kepala sebelah.
  5. Berolahraga ringan. Berolahraga ringan dapat memperlancar aliran darah hingga membuat tubuh menjadi lebih rileks.
Terapi non-obat untuk migrain mencakup biofeedback dan pelatihan relaksasi, yang keduanya membantu individu mengatasi atau mengendalikan perkembangan rasa sakit dan respons tubuh terhadap stres.

Gaya hidup sehat bisa dilakukan untuk mengurangi atau mencegah serangan migrain pada beberapa individu. Contohnya seperti berolahraga, menghindari makanan dan minuman yang memicu sakit kepala, mengonsumsi makanan terjadwal secara teratur dengan hidrasi yang cukup, menghentikan pengobatan tertentu, dan menetapkan jadwal tidur yang konsisten.

Obesitas juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit kepala kronis setiap hari, sehingga program penurunan berat badan dianjurkan bagi individu yang mengalami obesitas.

Itulah 5 cara ampuh mengatasi migrain. Harus digarisbawahi, jika migrain tidak kunjung mereda segera temui dokter.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2024