Jakarta (ANTARA) -
PT Supersport Sensation (SSS) International membantu Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) untuk mengembangkan olahraga bola basket 3X3 di wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, melalui Mandiri 3X3 Indonesia Tournament (Mandiri 3X3 IT).
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu, kegiatan penyelenggaraan turnamen di wilayah Timur Indonesia itu merupakan yang ketiga kalinya, guna mendorong lahirnya bibit-bibit atlet 3X3 nasional ke depan.
 
"Tekad kami menggelar turnamen ini memang bukan asal ada, tapi benar-benar membawa manfaat bagi Indonesia dalam pengembangan bola basket 3X3," kata Direktur Utama SSS International Azwan Karim.
 
Ia membeberkan, SSS dan Perbasi berkomitmen, serta berupaya untuk mengembangkan olahraga tersebut tidak hanya di Pulau Jawa, tetapi menyentuh hingga seluruh wilayah Tanah Air.
 
Untuk tahun ini, GTC Mall Makassar, Sulawesi Selatan, ditunjuk sebagai venue pelaksanaan pada 5 hingga 7 Juli 2024.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, pelaksanaan di luar Jawa itu merupakan yang kedua pada tahun ini. Sebelumnya pada 27-28 April dan 1 Mei lalu turnamen yang sama telah memfasilitasi pecinta olahraga bola basket di Provinsi Sumatera Utara, khususnya Kota Medan.

Baca juga: Kompetisi 3x3 di luar Jawa kembangkan talenta basket secara nasional
 
Azwan mengungkapkan, saat itu peserta yang mengikuti turnamen tersebut membeludak.
 
Peserta sampai menembus 139 tim. Mereka bertanding untuk meramaikan kategori kelompok umur (KU-12) Mix, KU-15 Putra, KU-18 Putra, KU-23 Putra, dan KU-23 Putri.
 
Ia menambahkan, untuk edisi Makassar tahun ini peserta yang mendaftar telah mencapai hampir 100 tim.
 
Play-in tournament berlangsung pada 4-5 Juli 2024. Dari dua kali play-in itu, akan ada enam tim dari masing-masing kategori lolos ke babak final regional.
 
Dalam babak final regional yang berlangsung 7 Juli, total yang bertanding sebanyak 30 tim.

Baca juga: Mandiri Indonesia 3x3 Tournament hadirkan persaingan yang makin ketat

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024