Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menegaskan harapan dan komitmen pihaknya dalam mendorong keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Mudah-mudahan pembangunan IKN ini terus berlanjut, siapa pun pemimpinnya karena ini sudah kita mulai, ini kemarin juga diikat dengan undang-undang, disepakati secara politik juga, tentu kita berharap yang sudah seperti ini masa tidak dilanjutkan?” kata Lasarus dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Hal itu disampaikannya ketika ia memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (2/7).

Dia juga berharap sinergisitas lembaga lainnya untuk dapat menyelesaikan pembangunan infrastruktur di IKN.

Baca juga: Kemenhub sebut Nusantara Airport di IKN bersifat nonkomersial

“Tentu komitmen dan kebersamaan penting saya rasa untuk kita menyelesaikan nanti IKN ini ke depan,” ucapnya.

Dalam kunjungan itu, dia menilai pembangunan infrastruktur IKN masih memerlukan kerja keras dari semua pihak terkait.

“Memang masih perlu kerja keras kita, ini tidak mudah dan masih perlu banyak biaya kalau saya lihat, tentu yang kedua kami ingin melihat seberapa urgent ini harus cepat selesai dan seterusnya ini nanti kita diskusikan,” katanya.

Tak terkecuali, saat ia meninjau kesiapan IKN untuk melangsungkan perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Istana Presiden.

Menurut dia, lapangan upacara yang akan digunakan nantinya sudah menunjukkan kemajuan, meski demikian Istana Presiden masih memerlukan waktu untuk dirampungkan.

“Kalau rumput untuk tempat acaranya sudah siap, tapi kalau istananya belum siap, kita lihat, masih seperti ini, kita belum tahu ini berapa persen nah nanti disampaikan lah ya, jadi seperti itu kondisinya”, tutur dia.

Sebelumnya, Minggu (30/6), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimistis bisa menuntaskan fasilitas penunjang untuk pelaksanaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Dengan masih menyisakan waktu sekitar sebulan, kami optimistis bisa menuntaskan arahan Presiden Joko Widodo agar lapangan upacara dan Istana Negara bisa selesai sesuai waktu," ujar Erick dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan bahwa pembangunan Istana Presiden dan sejumlah gedung pemerintahan di Ibukota Nusantara (IKN) akan tuntas pada Juli 2024.

"Istana, Kantor Presiden, kantor-kantor menko, rumah jabatan menteri, rumah ASN 12 tower insyaallah akan kita selesaikan pada Juli," kata Menteri Basuki seusai memberikan pengarahan kepada para mahasiswa KKN-PPM UGM 2024 di Balairung UGM, Yogyakarta, Jumat (28/6).

Menurut dia, progres pembangunan Istana Presiden dan gedung-gedung pemerintahan, termasuk rumah ASN dalam bentuk tower tersebut hingga saat ini telah mencapai 82 persen.

Baca juga: Anggota DPR desak peraturan turunan UU Kesehatan segera diterbitkan
Baca juga: Anggota DPR berharap petani dapat manfaat dari perdagangan karbon
Baca juga: Panja DPR dorong pemerintah menata pengelolaan anggaran pendidikan

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2024