Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadi hujan ringan hingga sedang di wilayah Jakarta dalam tiga hari ke depan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari situs BMKG di Jakarta, Sabtu, wilayah yang akan diguyur hujan antara sore atau malam hari tersebut yaitu Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Sementara untuk wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi diprediksi tiga hari ke depan hujan lebat di wilayah Bogor dan Depok pada siang dan sore hari.

Berdasarkan analisa dinamika atmosfer, pusat tekanan rendah (bibit badai tropis) yang berada di Australia Utara dekat teluk Joseph Bonaparte dalam 48 jam ke depan intensitasnya meningkat.

Wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Papua bertiup angin dari arah barat menuju timur dengan rata-rata kecepatan 9-36 kilometer per jam. Kecuali di wilayah Nusa Tenggara Timur rata-rata kecepatan angin 36-48 kilometer per jam.

Daerah pumpunan masa udara (konvergensi) memanjang dari pesisir barat Sumatera bagian selatan hingga perairan selatan Jawa Tengah.

Sementara prediksi secara umum wilayah Indonesia, tiga hari ke depan terjadi hujan lebat di Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara dan Papua.

Sedangkan tinggi gelombang air laut mencapai 3-4 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia barat Mentawai dan Samudera Hindia selatan NTT.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2014