Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) sukses memasok listrik selama gelaran seri balap ke-11 Motocross Grand Prix (MXGP) 2024 di Sirkuit eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.


Motocross Commission (CMS) Director of Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) Antonio Alia melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Rabu, mengapresiasi PLN atas dukungan pasokan listrik selama berlangsung ajang balap motor kelas ekstrem tersebut.

"Gelaran kemarin kami tidak mengalami masalah sama sekali, jadi semuanya sudah beres dan hari ini semuanya berfungsi dengan baik. Terima kasih PLN, terima kasih banyak," kata Antonio.

Project Director PT Samota Enduro Gemilang Diaz Rahmah Irhani dari pihak panitia penyelenggara juga menyampaikan apresiasi atas kerja nyata PLN dalam memberikan pasokan listrik dalam ajang tersebut.

"Alhamdulillah, ajang balap akhir pekan kemarin berjalan sukses. Tahun ini kami tidak menggunakan genset karena kepercayaan kami kepada PLN, dan PLN membuktikan. Luar biasa, terima kasih PLN," kata Diaz.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengungkapkan bahwa pihaknya berkomitmen penuh dalam menyukseskan gelaran tahunan MXGP 2024.

Perseroan siap mendukung suplai listrik acara bertaraf internasional dengan listrik yang andal dan tanpa kedip.

"PLN telah memiliki standar yang diterapkan yaitu skema 'zero down time' atau tanpa kedip dengan pasokan berlapis untuk mendukung gelaran acara skala nasional maupun internasional," ujar Darmawan.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB Sudjarwo turut menyampaikan data penggunaan listrik pada ajang balap MXGP 2024 yang berlangsung dalam dua hari pada 29-30 Juni 2024.

Pemakaian daya listrik pada Minggu (30/6) sebesar 771 kiloVolt ampere (kVa). Pemakaian ini lebih tinggi dibandingkan dengan gelaran hari pertama pada Sabtu (29/6) sebesar 708 kVa.

"Peningkatan beban terjadi pada venue sky box mencapai 44,4 persen, sementara di pitline mengalami peningkatan sebesar 27,19 persen," ucap Sudjarwo.

Dia mengatakan bahwa berbagai persiapan teknis dan koordinasi intensif telah dilakukan untuk menjamin semua kebutuhan listrik dapat terpenuhi dengan optimal.

"Sehingga meskipun ada peningkatan beban, tidak ada kendala yang terjadi dan seluruh rangkaian acara MXGP 2024 berjalan lancar tanpa hambatan berarti," katanya.

Sudjarwo mengatakan PLN menyiagakan 73 posko siaga untuk memastikan keandalan listrik di 18 titik prioritas dan 69 objek vital selama acara berlangsung.

Keberadaan posko didukung dengan 61 orang petugas piket, 361 orang petugas pendukung, 486 orang Tenaga Alih Daya (TAD), 7 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 4 unit Unit Gardu Bergerak (UGB), 2 unit Genset, 6 unit Automatic Transfer Switch (ATS), 18 unit Perangkat Hubung Bagi Tegangan Rendah (PHB-TR), 2 unit Crane, 47 unit Kendaraan Roda 4, dan 12 unit Kendaraan Roda 2.

"Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan pihak-pihak yang mendukung suksesnya acara ini. Keberhasilan pada seri balap ke-11 ini menjadi motivasi bagi PLN untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas layanan pada seri berikutnya pada 6-7 Juli 2024," ujar dia.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
COPYRIGHT © ANTARA 2024