Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar menyebut Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2024 bakal digelar di tiga tempat, yaitu di Situbondo, Jawa Timur, Baturaja, Sumatera Selatan dan Karawang, Jawa Barat.

Super Garuda Shield merupakan latihan militer multilateral yang digelar rutin tiap tahun oleh TNI di Indonesia bekerja sama dengan angkatan bersenjata Amerika Serikat.

"Super Garuda Shield akan diadakan mulai 26 Agustus 2024 sampai dengan 5 September 2024. Itu akan dilaksanakan pendaratan di Situbondo, kemudian penerjunan di Karawang, dan penembakan akselerasi di Baturaja. Mungkin penerjunan-nya di Baturaja. Ini masih dalam konsep, masih tahap perencanaan. Nanti akan kami sampaikan di mana pastinya," kata Kapuspen TNI saat ditemui pada sela-sela acara di kantornya, Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu.

Markas Besar TNI pada 29 April 2024 menggelar rapat perencanaan akhir (FPC) Latgabma Super Garuda Shield bersama negara-negara peserta. Kapuspen menyebut setidaknya ada 19 negara yang saat ini bakal mengikuti latihan tersebut, antara lain Australia, Jepang, India, Kanada, Korea Selatan, Jerman, Perancis, Inggris, Selandia Baru, Belanda, Singapura, Malaysia, Timor Leste, Vietnam, dan Thailand.

Sejauh ini rangkaian persiapan untuk Latgabma Super Garuda Shield telah digelar oleh TNI bersama delegasi dari negara-negara peserta latihan, termasuk di antaranya survei lokasi latihan dan orientasi medan.

Beberapa persiapan itu, salah satunya orientasi medan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur, pada 23 April 2024. Puslatpur 5 Baluran bakal menjadi salah satu lokasi latihan Latgabma Super Garuda Shield 2024.

Baca juga: AS bakal kerahkan hampir 2.000 prajurit untuk Super Garuda Shield 2024

Baca juga: TNI gelar konferensi rencana akhir Super Garuda Shield 2024


Dalam Latgabma Super Garuda Shield 2024, prajurit dari Batalyon Infanteri 5 Marinir direncanakan latihan pendaratan amfibi di Pantai Banongan, Situbondo, bersama prajurit AS dari Komando Indo-Pasifik (US INDOPACOM).

Berselang beberapa hari, Letkol Marinir Ahmad Fauzi pada 25 April 2024 lanjut menerima tim survei dari Mabes TNI Angkatan Laut, Korps Marinir TNI AL, dan delegasi dari militer AS dan Jepang di Kesatrian Marinir Soeroto II Ujung, Semampir, Surabaya, Jawa Timur.

Dalam kunjungan itu, delegasi dari negara-negara peserta meninjau kesiapan tempat dan keselarasan materi latihan yang mencakup tactical combat casual care, drill surface insertion, latihan pendaratan khusus (ratsus), drill amphibious assault, drill air assault, serta sinkronisasi taktik dan komando.

Dalam kesempatan terpisah, Panglima US Indopacom Laksamana Samuel John Paparo Jr. pada sela-sela kunjungannya di Jakarta pada 12 Juni 2024 menyebut AS mengerahkan hampir 2.000 prajurit untuk mengikuti Latgabma Super Garuda Shield 2024.

Samuel pun menyatakan dia berencana meninjau langsung latihan itu bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

"Saya sangat menantikan ini. Saya menantikan untuk kembali lagi ke Indonesia bertemu sahabat saya Jenderal Agus dan ini akan menjadi latihan yang paling interoperable yang pernah kami gelar bersama, dan yang paling banyak melibatkan prajurit AS untuk berlatih bersama prajurit dari Indonesia dan negara-negara peserta," kata Paparo.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2024