Palu (ANTARA) -
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Sulawesi Tengah siap-siap untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional atau KKN di luar negeri.
 
"KKN Internasional ini akan dilaksanakan pada Agustus 2024," kata Ketua LP2M UIN Datokarama Sahran Raden di Palu, Rabu.
 
Ia menjelaskan, agenda KKN Internasional diselenggarakan di Thailand Selatan pada bulan Agustus, Mahasiswa UIN Datokarama akan melaksanakan program selama 40 hari.
 
"Selama 40 hari melaksanakan pengabdian dalam kegiatan KKN, sudah termasuk Praktik Penelitian Lapangan (PPK)," ujarnya.
 
Ia menjelaskan pula bahwa peserta KKN Internasional berasal dari dua fakultas, yakni Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Fakultas Tabiyah Ilmu Keguruan (FTIK), sebelum diberangkatkan mahasiswa harus mendaftar terlebih dahulu kepada panitia pelaksana KKN Internasional pada masing-masing fakultas.
 
"Pengumuman pembukaan pendaftaran KKN Internasional pada 10 Juli, dan pendaftaran dimulai 11 Juli 2024 di dua fakultas tersebut," katanya.
 
Sahran mengatakan, muatan dalam pelaksanaan KKN Internasional ini mencakup dua aspek atau dua kluster, yaitu kluster moderasi beragama dan kluster kewirausahaan.
 
"Yang mana pada pembiayaan kegiatan studi tersebut ditanggung oleh DIPA UIN Datokarama Palu, mahasiswa KKN dan PPL menanggung hidup selama di lokasi," katanya menambahkan.
 
Lebih lanjut ia menjelaskan, program ini merupakan upaya untuk meningkatkan pelaksanaan mutu mahasiswa, sekaligus meningkatkan akreditasi program studi dan akreditasi kampus untuk mencapai kategori unggul.
 
"KKN Internasional juga sebagai upaya menyebarkan Islam Inklusif dan Rahmatan Lil Alamin di dunia Internasional," katanya.

Pewarta: Mohamad Ridwan
Editor: M. Tohamaksun
COPYRIGHT © ANTARA 2024