Jakarta (ANTARA) - Melakukan rutinitas perawatan kulit atau skincare untuk pagi dan malam tentu memiliki urutan yang berbeda mengingat jenis aktivitas yang dilakukan juga akan berbeda.

Perawatan kulit bukan hanya tentang membersihkan wajah, tetapi juga tentang menghidrasi kulit, mengatasi masalah kulit, dan melindunginya dari cuaca buruk. Pada dasarnya, rutinitas perawatan kulit harus selalu mencakup pembersih, pelembab, dan tabir surya.

Tergantung pada jenis kulit dan permasalahan kulit yang dihadapi, Anda dapat menambahkan perawatan tambahan ke dalam rutinitas skincare untuk merawat kulit kering, berminyak, kulit yang menua, atau rentan berjerawat. 

Rutinitas perawatan kulit pagi hari mempersiapkan kulit untuk hari itu dengan menghilangkan kotoran dan minyak yang terkumpul selama tidur. Pelembab atau moisturizer juga harus ditambahkan untuk menjaga elastisitas kulit. Jangan lupa lindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) dan polusi dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen.

Berikut adalah urutan perawatan kulit yang di pagi hari;

  1. Pembersih wajah
  2. Toner
  3. Produk perawatan jerawat atau bercak hitam (spot treatment serupa ampul atau serum)
  4. Serum antioksidan
  5. Krim mata
  6. Pelembab
  7. Tabir surya
Sementara itu, rutinitas perawatan kulit malam hari pada umumnya berfungsi untuk menghilangkan kotoran yang tersisa di siang hari dan menambah kelembapan pada kulit. 

Anda juga dapat menambahkan sejumlah produk untuk membantu mengatasi kulit kering, jerawat, hiperpigmentasi, atau garis-garis halus. Pada rutinitas ini, Anda bisa menambahkan toner, serum, perawatan, retinol dan face oil yang sesuai dengan jenis kulit.

Berikut adalah urutan perawatan kulit di malam hari yang bisa Anda sesuaikan;

  1. Pembersih wajah 
  2. Toner
  3. ​​​​​​​Produk perawatan jerawat atau bercak hitam (spot treatment serupa ampul atau serum)
  4. Serum atau serum perawatan untuk kulit berjerawat
  5. Retinol
  6. ​​​​​​​Krim mata
  7. Pelembab
  8. Face oil
Tidur dengan wajah segar juga memungkinkan kulit memperbaiki dirinya sendiri karena sel-sel kulit baru bekerja keras untuk memperbaiki kerusakan kulit. 
 

Pewarta: Maria Oktaviana
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2024