Natuna (ANTARA) -
Basarnas Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menyebutkan kapal barang Bintang Jaya 9 yang hilang kontak di perairan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, telah ditemukan di perairan Malaysia. 
 
Kepala Sub Seksi Operasi Kantor Basarnas Kabupaten Natuna Budiman saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Rabu mengatakan kapal tersebut terseret arus akibat mengalami mati mesin saat menuju Tanjung Balai Karimun.
 
Menurut dia, kapal ditemukan terombang ambing di laut Malaysia oleh Angkatan Laut Malaysia.
 
"Alhamdulillah seluruh anak buah kapal dalam kondisi selamat" ucap dia.
 
Ia menjelaskan pihaknya mendapatkan informasi penemuan kapal dari pihak berwenang Malaysia dan saat ini kapal serta ABK dibawa ke wilayah Pulau Tioman Malaysia, yang kemudian bakal diserahkan ke Imigrasi setempat guna diberikan tindakan selanjutnya.
 
"Kita dapat kabar dari MRSC Kuantan (Malaysia) tadi sore," ujar dia.
 
Sebelumnya diberitakan bahwa satu unit kapal barang dengan nama Bintang Jaya 9  hilang di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.
 
 Kapal Bintang Jaya 9 membawa tiga orang anak buah kapal  berangkat dari Pelabuhan Berhala Jemaja Kabupaten Anambas menuju Tanjung Balai Karimun.

Kapal tersebut diperkirakan sampai ke Tanjung Balai Karimun pada Sabtu (29/6/2024) namun hingga Senin (1/7/2024) tidak kunjung tiba.
 

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2024