Timika (ANTARA) - Satuan Tugas Komando Operasi (Satgas Koops) TNI Habema membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Distrik Mapenduma Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan

Panglima Koops Habema Brigjen TNI Lucky Avianto di Timika, Rabu, mengatakan bahwa Satgas Yonif Para Raider 432/Waspada Setia Jaya Kostrad yang melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Opspamtas) mobil RI-PNG di wilayah Kabupaten Nduga, telah berhasil membuat PLTA di daerah ini.

"Pada Rabu, 3 Juli 2024 Satgas Yonif 432 Kostrad menyelesaikan karya inovasi dengan membuat PLTA di Kampung Mapenduma, Distrik Mapenduma," katanya.

Menurut Lucky, karya inovasi tersebut menghasilkan sumber tenaga listrik baru untuk menerangi rumah-rumah masyarakat pada Kampung Mapenduma.

"Para prajurit harus senantiasa memikirkan dan membuat hal-hal yang positif guna mewujudkan situasi Papua yang aman dan damai," ujarnya.

Dia menjelaskan inovasi ini berawal dari melihat kondisi rumah masyarakat yang terkendala penerangan, sehingga Perwira Komunikasi dan Elektronik Letda Cke Dimas Aji Satria merencanakan projek tersebut pada 14 Juni 2024.

"Praka Etla Bancin sendiri memiliki kemampuan pertukangan sehingga dirinya bersama Letda Cke berusaha mengatasi kendala penerangan dengan memanfaatkan eksistensi sumber air di Mapenduma," katanya lagi.

Tokoh Masyarakat Markus Gwijangge menambahkan, masyarakat setempat sangat gembira melihat PLTA hasil karya inovasi dari para prajurit TNI.

"Kami sangat senang karena TNI hadir disini memberikan solusi atas permasalahan yang masyarakat alami selama ini, Tuhan memberkati bapak-bapak TNI," katanya.

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2024