Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menangani pohon tumbang di enam lokasi saat hujan disertai angin kencang yang terjadi pada Rabu sore.
 
"Hingga pukul 17.30 WIB, rekapitulasi pohon tumbang terjadi di enam lokasi," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan di Jakarta, Rabu.
 
Isnawa menuturkan enam lokasi itu, yakni empat lokasi di Jakarta Selatan dan dua lokasi di Jakarta Pusat.
 
Empat lokasi di Jakarta Selatan berada di Jalan Gatot Subroto Kavling 8/67 2, 02 RW 04, Karet Semanggi, Setiabudi, dengan sarana yang terdampak kabel PLN. Selain itu di Jalan Tebet Timur 1 Nomor 33, RT 06/RW 05, Tebet Timur, Tebet, dengan sarana terdampak kabel PLN.
 
Lalu di Jalan Tebet Raya Nomor 23 1, RT 01/RW 02, Tebet Timur, Tebet, dengan saran terdampak kabel PLN dan bajaj. Selanjutnya di Jalan Cibitung 1 Nomor 4, RT 02/RW 05, Petogogan, Kebayoran Baru, dengan sarana terdampak kabel PLN.

Baca juga: Pohon tumbang di Kebayoran Lama hambat perjalanan KRL Rangkasbitung
 
Kemudian, dua lokasi di Jakarta Pusat, yakni di Jalan Kramat Sentiong Ujung Nomor 1/32 RT 10/RW 07, Kramat, Senen, dengan sarana terdampak kabel PLN. , Selanjutnya di Jalan Perjernihan RT 07/RW 06, Bendungan Hilir, Tanah Abang, dengan sarana terdampak kabel PLN.
 
Pohon tumbang tersebut ditangani oleh Tim Reaksi Cepat BPBD DKI, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Satpol PP dan Dinas Pertamanan Hutan dan Kota.
 
"Dari penanganan tersebut ada satu korban luka ringan," ujarnya.
 
Hingga pukul 18.00 WIB, BPBD DKI juga mencatat banjir melanda dua ruas jalan, yakni Jalan Ciledug Raya (Seskoal), Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, dengan ketinggian air mencapai 20 sentimeter (cm).
 
Kemudian, Jalan Darmawangsa X, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dengan ketinggian air 10 cm.

Baca juga: Antisipasi tumbang, Jaksel pangkas 22.584 pohon demi keselamatan warga
 
Dua RT yang juga dilanda banjir, yakni di wilayah Pela Mampang dengan ketinggian 30 hingga 70 cm yang penyebabnya curah hujan tinggi dan luapan PHB Pulo.
 
Berdasarkan pantauan di Jalan Darmawangsa 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, atau tepatnya samping Polres Metro Jakarta Selatan Selatan, ditemukan sebuah pohon besar tumbang usai hujan disertai angin.
 
Pohon ukuran besar itu menutupi sebagian besar badan jalan sehingga menutupi akses jalan menuju Fatmawati dan Antasari.
 
Seorang warga bernama Basuki menuturkan ada satu motor yang mengalami kerusakan ringan akibat tertimpa pohon besar tersebut.
"Satu motor kena, cuma rusak ringan. Soalnya 
pohonnya jatuhnya pelan-pelan," kata Basuki.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024