Jakarta (ANTARA) - Sebagian besar orang pernah mengalami masalah dengan pencarian produk perawatan kulit atau skincare yang tepat. Padahal, kunci untuk mendapatkan kulit terbaik terletak pada pemahaman jenis kulit karena setiap orang memiliki jenis dan permasalahan kulit yang berbeda sehingga cara memilih skincare yang digunakan juga harus disesuaikan.

Secara garis besar, ada lima jenis kulit yaitu; kering, berminyak, normal, kombinasi dan sensitif. Berikut adalah cara untuk memilih skincare yang tepat yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kulit kering

Dikutip dari laman Derma Essentia, kulit kering mengalami kondisi dimana kulit kekurangan kelembapan dan menghasilkan lebih sedikit minyak. Tampak kasar dan bersisik dengan tekstur tidak rata. 

Biasanya usai membersihkan wajah, kulit akan terasa kencang dan tak jarang mengalami iritasi dan gatal. 

Kulit kering jauh lebih rentan terhadap garis-garis halus dan kerutan di usia dini akibat hilangnya elastisitas.

Anda membutuhkan produk penenang kulit dengan bahan yang lembut dan menghidrasi, seperti asam hialuronat juga ceramide untuk mengembalikan dan mengunci kelembapan kulit serta menjadikannya lembut dan halus.

Rutinitas skincare yang ideal adalah; 
1. Losyen pembersih yang lembut
2. Pembersih wajah yang menghidrasi
3. Pelembab atau krim yang sangat menghidrasi
4. Tabir surya berbahan dasar gel atau krim
5. Krim malam yang meremajakan

Kulit berminyak

Berbeda dengan kulit kering, kulit berminyak memproduksi sebum (minyak) berlebih dari kelenjar sebaceous, sehingga membuat kulit tampak berminyak dan berkilau.

Kulit berminyak dikaitkan dengan berbagai masalah kulit seperti pori-pori membesar, komedo, jerawat dan noda hitam.

Untuk mengatasi kulit berminyak, diperlukan bahan-bahan pengontrol minyak, non-komedogenik dan mattifying seperti; witch hazel, niacinamide dan asam azelaic dengan sifat anti-inflamasi yang mampu membersihkan sekaligus mengecilkan pori-pori agar kulit tampak lebih halus.

Rutinitas skincare yang ideal adalah;
1. Pembersih wajah berbusa bebas minyak
2. Toner wajah
3. Serum vitamin C
4. Pelembab mattifying dan pengontrol minyak
5. Tabir surya spektrum luas berbahan dasar gel

Kulit kombinasi

Mengatasi masalah kulit pada kulit kombinasi berarti juga harus fokus pada masalah kulit kering dan berminyak.

Kulit dengan zona T yang berminyak juga memiliki jerawat di area ini, kulit yang tampak berminyak dengan pori-pori membesar, namun kering di bagian pipi merupakan tanda-tanda kulit kombinasi.

Rutinitas perawatan kulit untuk kulit kombinasi;
1. Selalu gunakan pembersih kulit yang lembut, yang dapat membantu menyeimbangkan hidrasi dan mengontrol produksi minyak.
2. Wajib menggunakan toner karena akan membantu menjaga pH kulit dan membatasi produksi minyak berlebihan.
3. Gunakan pelembap yang sangat menghidrasi karena tidak hanya menghidrasi kulit, tetapi juga membantu mengurangi produksi sebum berlebihan.
4. Jika T-zone masih belum terkontrol, oleskan pelembab mattifying hanya pada area T-zone.
5. Jangan pernah lupa untuk menggunakan tabir surya berbahan dasar gel spf 50 untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Kulit sensitif

Jenis kulit sensitif biasanya memiliki kulit yang mudah teriritasi atau meradang, juga sangat reaktif terhadap banyak produk perawatan kulit dan faktor lingkungan, terutama paparan sinar matahari.

Orang dengan kulit sensitif mudah terserang sinar matahari. Kemerahan, kulit kering dan kasar, gatal dan terbakar biasanya terjadi pada orang dengan kulit sensitif.

Anda harus menggunakan produk perawatan kulit atau produk kosmetik dengan sangat hati-hati jika kulit Anda termasuk jenis sensitif. Jangan lupa untuk melakukan uji tempel sebelum membeli produk apa pun.

Rutinitas perawatan kulit untuk kulit sensitif:
1. Selalu pilih perawatan kulit penting yang lembut dan alami serta ramah kulit.
2. Oleskan pelembab ultra-hidrasi yang dapat membantu menenangkan kulit.
3. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya berbasis gel SPF 50 spektrum luas saat keluar rumah di bawah sinar matahari.
4. Usahakan untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari dalam waktu yang lebih lama.

Kulit normal

Jenis kulit normal berarti memiliki kondisi kulit yang seimbang dengan hidrasi yang tepat, serta perlindungan sebum kulit yang memadai tanpa hipersensitivitas. Jenis kulit ini adalah yang terbaik karena tidak perlu khawatir saat memilih produk perawatan kulit.

Kulitnya jernih tanpa kemerahan, pori-pori tampak kecil dan hidrasi seimbang. Namun, tetap lebih baik memilih produk perawatan kulit yang berkualitas.

Rutinitas perawatan kulit normal;
1. Pilih pembersih wajah yang menghidrasi atau pembersih wajah yang mengelupas dengan lembut untuk mengangkat sel kulit mati.
2. Pilih pelembab ringan terbaik bebas minyak untuk semua jenis kulit.
3. Wajib mengaplikasikan serum vitamin C, serum retinol atau serum asam hialuronat untuk menjaga keutuhan kulit.
4. Jenis kulit ini bisa gunakan tabir surya berbentuk krim, gel, atau semprotan.

Pewarta: Maria Oktaviana
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2024