Jakarta (ANTARA) - KPU DKI Jakarta mengoptimalkan 
pemutakhiran data penyandang disabilitas untuk memastikan pelayanan kepada mereka terpenuhi dengan baik ketika sosialisasi maupun pemungutan suara pilkada mendatang.

"Kami berharap pendataan pemilih terhadap kelompok disabilitas ini dapat dilakukan secara optimal," kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta Fahmi Zikrillah di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, KPU DKI juga berdiskusi dengan kelompok disabilitas untuk mencari permasalahan yang harus diselesaikan agar mereka dapat diberikan haknya dengan baik.

Ia menjelaskan bahwa pada tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 saat ini sedang berlangsung pemutakhiran data yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (pantarlih).

Fahmi berharap, para petugas dapat memastikan para pemilih penyandang disabilitas terdata dengan baik sehingga dapat menjamin hak konstitusionalnya untuk berpartisipasi menggunakan hak pada Pilgub DKI 27 November mendatang.

"Dengan data yang akurat, maka dapat meningkatkan pelayanan KPU baik pada saat hari pemungutan suara maupun strategi sosialisasi yang akan kami lakukan," tuturnya.

Baca juga: Pemkot Jakpus dan Bawaslu validasi data demi sukses Pilkada 2024
Baca juga: KPU DKI minta warga siapkan dokumen untuk validasi data pemilih


KPU DKI Jakarta sedang memutakhirkan data pemilih dengan melakukan pencocokkan dan penelitian (coklit) secara langsung dari rumah ke rumah untuk memvalidasi daftar pemilih tersebut. Coklit berlangsung dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Fahmi menjelaskan bahwa salah satu tugas Pantarlih pada saat coklit adalah mencatat atau menuliskan kode jenis disabilitas pada kolom disabilitas data pemilih, apabila diperoleh informasi dari pemilih/anggota keluarga pemilih sebagai penyandang disabilitas.

KPU DKI Jakarta pada Pemilu 2024 menetapkan daftar pemilih pada kelompok disabilitas sebanyak 55.285 orang.

Jumlah tersebut tersebar ke dalam beberapa kategori disabilitas, yaitu disabilitas fisik sebanyak 14.925 pemilih, disabilitas intelektual (3.336,), disabilitas mental (9.467), sensorik wicara (22.949), sensorik rungu (1.552) dan sensorik netra sejumlah 3.056.

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024