Jakarta (ANTARA) - Noda hitam bekas jerawat bisa menjadi masalah yang tentunya akan mengganggu penampilan, terutama ketika sulit dihilangkan. Namun, ada beberapa cara efektif yang dapat membantu memudarkan bahkan menghilangkan noda bekas jerawat dengan cepat.

Berikut ini adalah lima cara mudah agar wajah kembali bersih dari bekas jerawat yang membandel.

1. Melakukan eksfoliasi dengan AHA dan BHA
Dengan melakukan eksfoliasi dapat mengangkat sel kulit mati yang tersumbat dalam pori-pori wajah, sehingga bisa mengembalikan tekstur kulit. Hasilnya kulit wajah kamu akan terlihat lebih cerah dan halus.

Asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA) adalah bahan eksfoliasi yang efektif untuk mengatasi bekas jerawat. AHA bekerja pada permukaan kulit, sedangkan BHA menembus lebih dalam untuk membersihkan pori-pori.

2. Pakai serum vitamin C
Vitamin C dipercaya dapat mencerahkan kulit dan memudarkan noda hitam di kulit wajah. Serum vitamin C juga membantu menjaga kulit dari rusaknya radikal bebas, produksi kolagen berlebih, dan hiperpigmentasi.

3. Gunakan gel retinoid
Retinoid merupakan kandungan vitamin A yang dapat melakukan perubahan sel kulit baru dan memproduksi kolagen. Setelah menggunakan retinoid, hasil pada kulit Anda akan lebih terasa halus dan menghilangkan bekas jerawat.

4. Pakai masker berbahan alami
Masker bahan alami lebih mudah ditemukan dan bisa buat sendiri di rumah dengan harga yang lebih murah. Rekomendasi bahan alami yang cocok untuk hilangkan bekas jerawat sebagai berikut.

  • Madu mengandung sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang membantu mempercepat penyembuhan kulit.
  • Gel Lidah Buaya dapat menenangkan kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit.
  • Lemon mengandung kaya vitamin C dan memiliki sifat pemutih alami. Namun, pastikan untuk menggunakannya dengan hati-hati karena bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.
5. Aplikasikan minyak jojoba
Minyak jojoba adalah minyak alami yang diekstraksi dari biji tanaman jojoba (Simmondsia chinensis), yang berasal dari daerah gurun di Amerika Utara.

Minyak jojoba menawarkan banyak manfaat kecantikan, termasuk mengatasi bekas jerawat. Minyak ini bekerja dengan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit, serta efektif dalam memudarkan bekas jerawat.

Menghilangkan bekas jerawat memang memerlukan kesabaran dan konsistensi, tetapi dengan perawatan yang tepat, Anda bisa mendapatkan kulit mulus dan bebas noda jerawat.

Cobalah beberapa cara tersebut dan temukan yang paling cocok untuk Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit jika bekas jerawat Anda sangat membandel atau memerlukan perawatan khusus.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2024