Jakarta (ANTARA) - Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 Tahap 2 sudah dibuka sejak tanggal 19 Juni hingga 18 Juli 2024. Dalam mendaftar beasiswa LPDP, tentunya harus mempersiapkan sejumlah persyaratan dokumen yang perlu dilampirkan, salah satunya surat rekomendasi.

Beasiswa LPDP merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk pelajar Indonesia yang ingin menempuh kuliah jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3) ke perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri yang menawarkan banyak benefit untuk penerimanya, salah satunya bantuan biaya pendidikan, biaya pendukung seperti transportasi, aplikasi visa, asuransi kesehatan, hidup bulanan, kedatangan, keadaan darurat, serta tunjangan lainnya.

Melansir dari akun media sosial Instagram resmi @lpdp_ri, surat rekomendasi merupakan dokumen yang berisi menjelaskan mengenai kualifikasi, karakter, potensi, dan kemampuan pelamar beasiswa secara akademik atau profesional sebagai calon mahasiswa. Sosok yang sudah dipilih harus menuliskan sisi tersebut dalam naskah surat rekomendasi.

Surat rekomendasi bisa diminta dari pihak manapun yang penting mereka adalah orang yang mengenal pelamar serta mampu menjelaskan potensi diri pelamar. Namun, surat rekomendasi dari orang yang memiliki jabatan penting atau gelar akademik tinggi bisa jadi memiliki nilai yang lebih dalam pertimbangan penilaian, seperti:
  1. Supervisor di tempat kerja/magang
  2. Dosen pembimbing skripsi
  3. Tokoh masyarakat
  4. Tokoh organisasi/profesi.

Dalam melampirkan surat rekomendasi, perlu mengisi data pemberi rekomendasi yang terdiri dari nama perekomendasi, instansi, jabatan, email aktif dan nomor handphone. Nantinya, pihak LPDP akan mengirimkan email kepada perekomendasi untuk mengisikan rekomendasi yang kemudian dikirimkan (submit) kepada LPDP.

Contoh surat rekomendasi untuk beasiswa LPDP 2024

Berikut contoh format surat rekomendasi yang dilansir dari laman lpdp.kemenkeu.go.id, yang dilampirkan dalam buku panduan.

Untuk memudahkan pelamar, bisa klik di tautan berikut ini: https://drive.google.com/file/d/1Rnfi3YotCGU65Yzuoveaww1CY-FpIG8o/view?usp=drivesdk

Baca juga: Syarat daftar Beasiswa LPDP 2024 Tahap 2, ini dokumen yang dibutuhkan

Baca juga: Daftar kampus dalam dan luar negeri tujuan Beasiswa LPDP 2024

Baca juga: Cara buat akun daftar Beasiswa LPDP Tahap II 2024

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2024