Jakarta (ANTARA) - Pendingin udara (AC) merupakan perangkat penting di rumah untuk memastikan suhu ruangan tetap sejuk sekaligus menjaga kualitas suhu udara.

Penggunaan AC harus dibarengi dengan perawatan berkala untuk menjamin kinerja AC ruangan tetap optimal dan memperpanjang masa pakai perangkat itu. 

Membersihkan AC menjadi salah satu cara untuk menjaga perangkat pendingin udara itu tetap bekerja optimal. Membersihkan AC tak hanya bisa dilakukan oleh kalangan profesional saja, Anda juga bisa melakukannya dengan cara sebagai berikut:

Peralatan yang diperlukan untuk membersihkan AC yaitu :
- Lap kain
- Sarung tangan
- Masker
- Kuas atau sikat gigi
- Penyedot debu
- Air

Cara membersihkan AC untuk bagian dalam:

1. Matikan AC
Sebelum melakukan pembersihan harus dipastikan AC dalam kondisi mati dan jangan lupa mencabut aliran listriknya terlebih dahulu. Gunakan masker dan sarung tangan untuk tetap terjaga pada saat membersihkannya.

2. Buka panel pada bagian penutup dan lepaskan filter AC
Langkah awal untuk membersihkan bagian dalam AC yaitu membuka panel pada penutup AC dan lepas filter yang terdapat di dalamnya secara perlahan, kemudian lepas satu persatu filter dan simpan dengan kondisi baik dan aman.

3. Bersihkan bagian evaporator
Selanjutnya gunakan sikat gigi atau kuas untuk membersihkan evaporator agar debunya hilang.

Lakukan secara berulang dengan lembut dan pelan karena pada bagian evaporator memiliki bagian yang tajam sehingga diperlukan kehati - hatian dalam membersihkannya.

Kemudian apabila sudah dibersihkan secara menyeluruh, ambil kain untuk membersihkan evaporator dari debu dengan mengusapnya secara hati - hati.

4. Bersihkan bagian Filter
Apabila sudah melepas bagian filter, selanjutnya bersihkan di bawah keran dan basuh bagian filter secara perlahan. Gunakanlah tekanan air yang kecil agar filter tidak sobek. Setelah selesai dibersihkan, basuh dan keringkan sebelum dipasang kembali.

Cara membersihkan AC pada bagian Luar:

1. Matikan bagian sekring pada AC
2. Lepaskan baling - baling kipas pada dalam AC
3. Semprotkan air pada AC

Baca juga: AC di rumah tidak dingin? Ini penyebab dan ongkos perbaikannya

Baca juga: Panduan memilih PK AC yang tepat sesuai luas ruangan

Baca juga: AC mobil tidak dingin, biaya perbaikan mulai Rp400 ribuan

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2024