Jakarta (ANTARA) - Siapa yang tidak terganggu dengan jerawat? Munculnya jerawat baik di usia remaja apalagi dewasa, tentunya membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dengan penampilannya. 

Penyebab timbulnya jerawat biasanya karena produksi kelenjar minyak berlebihan, sehingga menumpuk di dalam folikel atau pori-pori yang kemudian bercampur dengan kotoran. Namun, penyebab jerawat bukan hanya karena masalah kulit pada wajah, ada beberapa faktor internal dan eksternal yang mungkin terjadi pada Anda sehingga jerawat sangat sering timbul.

Lalu, apa saja fakta penyebab jerawat yang timbul pada wajah? Dihimpun dari beberapa sumber, berikut ini adalah 7 penyebab munculnya jerawat.

1. Hormon yang tidak seimbang
Tidak seimbang hormon bukan hanya terjadi pada wanita, namun laki-laki juga. Perubahan hormon yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah hormon androgen.

Terjadinya peningkatan hormon androgen yang memproduksi kelenjar minyak pada kulit wajah secara berlebihan. Sehingga kelenjar minyak ini dapat menyumbat pori-pori kulit wajah dan bertumpuk menimbulkan jerawat berkembang biak.

2. Genetik atau keturunan
Anda memiliki orang tua atau keluarga yang juga bermasalah dengan kulit berjerawat? kemungkinan penyebab jerawat Anda karena faktor genetik, sehingga rentan timbul jerawat. Faktor genetik mempengaruhi jumlah produksi kelenjar minyak dan perubahan hormon sebagai penyebab timbul jerawat.

3. Adanya bakteri
Bakteri yang ada di kulit sangat sensitif karena dapat menyebabkan peradangan jerawat. Bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) adalah bakteri yang dapat hidup dan berkembang biak di dalam kulit saat pori-pori tersumbat kelenjar minyak dan sel kulit mati, sehingga dapat menimbulkan jerawat.

4. Pola makanan dan minuman
Konsumsi makan dan minum dengan kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan timbul jerawat. Bukan hanya itu, makanan yang mengandung lemak dan minyak berlebihan sangat berkontribusi dalam peradangan jerawat. Sehingga memperhatikan pola makan dan minum sangat penting.

5. Stress
Terlalu banyak pikiran atau stres juga dapat menjadi penyebab jerawat. Ketika Anda sedang stress bisa melepaskan hormon kortisol yang juga memproduksi kelenjar minyak pada kulit wajah dan tumbuh jerawat.

6. Tidak cocok dengan skincare atau kosmetik
Tidak masalah jika Anda ingin memakai skincare atau kosmetik, namun pilihlah yang cocok dengan kulit wajah Anda. Skincare atau kosmetik yang tidak cocok dengan kulit wajah dapat menyumbat pori-pori dan berkembangnya jerawat.

7. Jarang cuci muka
Dengan mencuci muka dapat menjaga kebersihan wajah dan menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Jika Anda jarang cuci muka, dapat berkumpulnya kelenjar minyak, bakteri, dan komedo yang kalau dibiarkan bisa menyebabkan peradangan jerawat hingga infeksi kulit.

Pahamilah penyebab jerawat yang timbul pada wajah anda dan atasi dengan tindakan yang tepat. Lakukan perubahan gaya hidup dan perawatan kulit wajah Anda sehingga bisa memiliki kulit yang sehat dan dapat tampil percaya diri.

 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2024