Jakarta (ANTARA) - Jerawat pada wajah bisa timbul karena perawatan kulit wajah kurang tepat atau kurang bersih. Kotoran yang menempel, seperti debu, bakteri dan minyak yang berasal dari kelenjar wajah, bisa memicu jerawat tumbuh.

Kotoran yang dibiarkan menyumbat pori-pori wajah akan terus berkembang sehingga menjadi jerawat atau yang terburuk, peradangan dan infeksi.

Berikut ini sejumlah cara yang bisa dicoba untuk mencegah jerawat supaya tidak muncul lagi pada wajah Anda.

1. Rajin cuci muka
Rajin mencuci muka dapat mencegah pertumbuhan jerawat karena wajah bersih dari minyak, debu, bakteri dan kotoran lainnya yang semula menempel pada kulit.

Sangat disarankan untuk mencuci muka dua-tiga kali sehari menggunakan sabun muka yang cocok dengan jenis kulit Anda. Pilih sabun muka yang tidak mengandung alkohol dan bahan kimia yang tidak terlalu tinggi. Setelah itu, keringkan wajah Anda menggunakan handuk bersih atau tisu wajah.

2. Pakai sunscreen wajah
Sebelum melakukan kegiatan sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen agar kulit wajah Anda terlindungi dari sinar matahari. Saat kulit wajah terkena sinar matahari tanpa pakai sunscreen, kulit akan memproduksi kelenjar minyak berlebih sehingga jerawat dengan mudah tumbuh kembali.

Sunscreen cocok untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang mengandung nilai SPF 30-50. Selain mencegah jerawat, penggunaan sunscreen bagus untuk menghindari penuaan dini dan dapat mencerahkan kulit.

3. Kurangi penggunaan kosmetik
Penggunaan kosmetik yang berlebihan sangat rentan bagi pemilik kulit berjerawat. Bahan-bahan kosmetik dapat menyumbat pori-pori kulit wajah dan menimbulkan jerawat.

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan kosmetik secara berlebihan dan memilih produk yang aman untuk kulit wajah, seperti produk yang tidak mengandung minyak dan parfum.

4. Hindari makanan mengandung gula dan kalori tinggi
Makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh, termasuk soal jerawat. Pola makan yang sehat selain membantu menjaga kebugaran tubuh juga berpengaruh terhadap kemunculan jerawat.

Makanan yang mengandung gula dan kalori tinggi menjadi pantangan bagi pemilik kulit berjerawat, misalnya gorengan, siap saji, manis, pedas, dan lainnya. Rekomendasi makanan yang perlu dikonsumsi seperti makanan yang direbus, buah dan sayur.

5. Rajin olahraga
Rajin berolahraga dapat membawa berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan suplai oksigen ke kulit, dan mengontrol keseimbangan hormon tubuh. Berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah munculnya jerawat pada wajah.

Saat berolahraga, ikat rambut agar tidak mengenai muka dan memicu jerawat tumbuh. Usahakan juga tidak menyentuh wajah saat berolahraga karena tangan kemungkinan mengandung kotoran yang bisa menimbulkan jerawat.

Setelah berolahraga, mandi untuk menghilangkan keringat dan ganti pakaian agar tubuh dan wajah benar-benar bersih.

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2024