Manado (ANTARA) - Kolaborasi Otoritas Jasa Keuangan bersama Bank Sulutgo dan Permodalan Nasional Madani (PNM) meningkatkan pemahaman tentang industri jasa keuangan (IJK) bagi perangkat desa, di Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur, Sulawesi Utara.


"Kami berkolaborasi dengan Bank Sulutgo (BSG) dan PNM dalam meningkatkan pemahaman masyarakat desa atas lembaga, produk dan layanan serta pemanfaatan IJK," kata Kepala OJK Sulawesi Utara, Gorontalo Maluku Utara, Robert H P Sianipar, di Manado, Rabu.

Pemahaman tersebut dilakukan dengan menggelar pelaksanaan "Training of Trainers" (ToT) "Desaku Cakap Keuangan" kepada Perangkat Desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Robert menjelaskan kolaborasi OJK dengan Bank Sulutgo serta PNM juga memberikan pembekalan bagi perangkat desa tentang perencanaan dan pengelolaan keuangan.

"Kami berharap perangkat desa akan menularkan ke seluruh warga desa agar mampu mengelola keuangan dengan baik," kata Robert.

Kegiatan "Desaku Cakap Keuangan" merupakan bagian dari Program Kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Boltim tahun 2024.

“Perangkat desa memiliki peran mengelola keuangan desa, membuat keputusan keuangan yang penting, dan turut mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui kolaborasi dengan Industri Jasa Keuangan, perangkat Desa diharapkan dapat menjembatani warga untuk dapat mengakses produk industri jasa keuangan seperti KUR dan UMi” kata Robert.

Sekretaris Daerah Boltim J Sonny Warokka, menyampaikan apresiasi kepada OJK SulutGoMalut yang melaksanakan kegiatan "Desaku Cakap Keuangan" di Boltim.

Sekda mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan para Sangadi atau perangkat desa mendapatkan pemahaman, serta kemampuan dalam mengelola keuangan dengan baik yang selanjutnya informasi ini diteruskan dalam bentuk edukasi oleh perangkat desa kepada seluruh masyarakat desa.

Dalam rangkaian kegiatan ini dilakukan pula inklusi keuangan melalui penyerahan simbolis pembukaan rekening Tabungan Simpanan Pelajar kepada perwakilan siswa SD dan Qris Merchant kepada perwakilan UMKM di Bolaang Mongondow Timur oleh Bank Sulutgo.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
COPYRIGHT © ANTARA 2024